Ditjen Imigrasi tambah personel di Bandara Batam imbas gangguan PDN

id Ditjen Imigrasi,Dirjen Imigrasi,Kemenkumham,Imigrasi,PDN

Ditjen Imigrasi tambah personel di Bandara Batam imbas gangguan PDN

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Silmy Karim saat memberikan paparan di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/6/2024). (ANTARA/Rubby Jovan)

Bandung (ANTARA) - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menambah jumlah personel di tiga bandara utama di Indonesia, termasuk Hang Nadim di Kota Batam, menyusul adanya gangguan layanan imigrasi yang terdampak pada Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo.
 

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Silmy Karim mengatakan penambahan personel tersebut sebagai upaya mengatasi antrean panjang di tempat pemeriksaan imigrasi.

“Jadi ada tiga bandara yang kami tambah personel yaitu Bandara Soekarno-Hatta Tanggerang, Bandara Ngurah Rai Bali, dan Bandara Hang Nadim Batam. Karena tiga ini adalah bandara yang paling sibuk, untuk yang lain masih bisa teratasi dengan baik,” kata Silmy di Bandung, Sabtu.

Ia mengatakan sementara ini, pemeriksaan keimigrasian dilakukan secara manual. Petugas menerapkan cap kedatangan dengan menuliskan keterangan tanggal, jam, nomor penerbangan, paraf petugas serta dilakukan dokumentasi.

"Hari ini adalah hari ketiga PDN itu bermasalah, sehingga layanan imigrasi terganggu, khususnya yang paling terasa adalah di bandara. Saya kemarin ke Bandara Soekarno-Hatta memastikan layanan manual, jadi kembali lagi kita sebelum era digitalisasi," kata dia.

Ia menegaskan, gangguan tersebut bukan dari sistem imigrasi, melainkan pada PDN sebagai tempat instansi pemerintah menaruh satu jaringan data. Sehingga, dampaknya langsung mempengaruhi pelayanan imigrasi.

 

 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ditjen Imigrasi tambah personel di tiga bandara imbas gangguan PDN

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE