BPBD Kabupaten Natuna masifkan sosialisasi budaya sadar bencana ke masyarakat

id Karhutla ,Budaya sadar bencana ,Mitigasi ,Natuna ,Kebakaran,BPBD,Badan Penanggulangan Bencana Daerah ,Raja Darmika,Pelaj,kepri,bpbd natuna,sosialisasi

BPBD Kabupaten Natuna masifkan sosialisasi budaya sadar bencana ke masyarakat

Personel BPBD Natuna saat melakukan sosialisasi di Kecamatan Bunguran Batubi pada Selasa (16/7/2024). (ANTARA/HO-BPBD Natuna)

Natuna (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) masif menyosialisasikan budaya sadar bencana ke masyarakat dan pelajar di wilayah setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Natuna Raja Darmika saat dihubungi dari Natuna, Rabu, mengatakan tujuan sosialisasi untuk mengurangi risiko bencana. Ia mengatakan sosialisasi sudah diberikan ke beberapa sekolah dan masyarakat, serta terbaru sosialisasi dilakukan di Kecamatan Bunguran Batubi pada Selasa (16/7). 

Ia mengatakan Bunguran Batubi merupakan salah satu wilayah yang kerap mengalami bencana kebakaran lahan apabila memasuki musim panas.

Adapun materi yang diberikan pada sosialisasi di Bunguran Batubi antara lain dasar-dasar kebencanaan, pra-bencana, tanggap darurat, pasca-bencana, manajemen penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta praktek penanggulangan kebakaran skala kecil.

"Rencana hari Kamis (18/7) ini kami akan laksanakan di Kecamatan Bunguran Tengah," ucap dia.

Ia berharap kegiatan sosialisasi akan membentuk karakter peserta menjadi masyarakat yang peduli terhadap lingkungan sekitar.

"Kami harap dengan sosialisasi budaya sadar bencana, masyarakat mampu melakukan mitigasi bencana karena sadar akan potensi bencana yg ada di daerahnya sehingga bisa menurunkan risiko bencana," ujar Raja Darmika.

Terpisah Camat Bunguran Batubi Mujahidin mengapresiasi program kegiatan yang dibuat oleh BPBD Natuna. Menurut dia, apa yang telah disosialisasikan akan bermanfaat untuk masyarakat dan para pemangku kepentingan di wilayah sekitar.

"Terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan terkait kebencanaan, banyak pelajaran yang bisa didapat pada kegiatan ini," ucapnya.

Ia menyebut ilmu yang diberikan nantinya akan mempermudah para peserta untuk andil dalam mencegah dan menanggulangi bencana. "Jika tidak bisa menolong orang lain, minimal bisa untuk diri sendiri dan keluarga," ujarnya.

Baca juga:
BNN dan DJBC gagalkan penyelundupan 106 kg narkoba di Perairan Kepri

591 PNS Natuna terima penghargaan Satyalancana dari Presiden

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE