Warga Batam mulai gunakan QRIS untuk bayar parkir

id Kepri,batam ,dishub ,parkir ,QRIS,bayar nontunai, nontunai, cashless, bayar parkir,dishub kepri

Warga Batam mulai gunakan QRIS untuk bayar parkir

Seorang pengendara motor di Batam saat melakukan pembayaran parkir melalui QRIS (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Batam (Dishub), Kepulauan Riau menyebutkan, saat ini warga setempat mulai menggunakan manfaat Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk transaksi bayar parkir.

Kepala Dishub Kota Batam, Salim di Batam, Selasa mengatakan, selama periode 1-7 September 2024 pembayaran parkir melalui sistem QRIS sebanyak 239 transaksi.

Dia mengatakan, inovasi pembayaran parkir melalui QRIS merupakan upaya Kota Batam meningkatkan kemudahan dan efisiensi transaksi parkir.

"Alternatif pembayaran sudah kita siapkan non-tunai menggunakan QRIS," ujar Salim.

Saat ini, pihaknya mencatat 193 kantong parkir mandiri yang terdata dan tersebar di wilayah Batam Kota dan Lubukbaja.

"Untuk alternatif pembayaran menggunakan QRIS ini juga telah dilakukan sosialisasi melalui jukir-jukir yang ada," kata Salim.

Selain itu, beberapa spanduk pemberitahuan tentang metode pembayaran parkir menggunakan QRIS telah terpasang di beberapa lokasi.

"Jadi masyarakat bisa langsung membayar menggunakan mobile banking ataupun e-wallet seperti Gopay, Dana, OVO dengan cara scan barcode ke juru parkir dan itu langsung masuk laporannya ke kami," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau mengajak perbankan mendukung dalam menciptakan pelayanan non-tunai pada dua objek retribusi yaitu retribusi persampahan dan parkir tepi.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan, dua objek retribusi tersebut memiliki potensi penerimaan daerah yang luar biasa, sehingga penting mendapat dukungan dalam penerapan non-tunai.

"Saya ajak perbankan juga mau mendukung dan berinovasi untuk menciptakan non-tunai di dua retribusi ini," ujar Jefridin.

Baca juga: Dishub Batam mulai terapkan bayar parkir menggunakan QRIS

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE