Budaya hingga ekonomi biru jadi tema debat Pikada Tanjungpinang

id KPU Tanjungpinang

Budaya hingga ekonomi biru jadi tema debat Pikada Tanjungpinang

Ketua KPU Tanjungpinang Muhammad Faizal dan jajaran. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - KPU menyatakan debat pilkada Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) 2024 mengangkat tema besar mewujudkan Tanjungpinang yang sejahtera, berbudaya, sehat, dan berbasis ekonomi biru sebagai Smart City yang berkelanjutan.

Ketua KPU Tanjungpinang Muhammad Faizal meminta pasangan calon (Paslon) wali kota dan wakil wali kota fokus pada substansi tema yang akan menjadi materi debat pilkada pada Sabtu (20/10) malam di CK Hotel daerah setempat.

"Debat akan dimulai pukul 19.30 WIB dengan durasi maksimal 180 menit, sesuai peraturan KPU dan petunjuk teknis. Dari total waktu tersebut, 150 menit digunakan untuk debat, sisanya 30 menit jeda iklan," kata Faizal di Tanjungpinang, Jumat.

Ia menyebut tim panelis debat terdiri dari lima orang akademisi, namun nama-nama mereka belum dapat diumumkan ke publik guna menjaga independensi. Termasuk pertanyaan debat masih disimpan dan disegel.

Faizal menjelaskan debat ini akan berlangsung dalam enam segmen. Segmen pertama akan berisi pembukaan dan penyampaian visi misi, segmen kedua dan ketiga untuk pendalaman materi, segmen keempat dan kelima untuk tanggapan dari kedua paslon, dan segmen terakhir adalah penutupan.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanjungpinang Teguh Susanto menyatakan debat publik pilkada 2024 bakal disiarkan melalui kanal media sosial mereka.

Teguh menyampaikan pihaknya menggunakan akun Youtube dan media sosial resmi milik Diskominfo Tanjungpinang untuk menyiarkan Live Streaming debat pilkada Sabtu malam.

“Kami memilih platform video dan media sosial agar masyarakat bisa dengan mudah menyaksikan debat publik terbuka melalui ponsel mereka masing-masing," kata Teguh.

Debat publik pilkada 2024 akan diikuti dua paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, yaitu paslon nomor urut satu Rahma-Rizha Hafiz, lalu paslon nomor urut dua Lis Darmansyah-Raja Ariza.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE