Warga Mandah Diajak Kembangkan Budidaya Udang

id Warga,pulau, Mandah,kundur,perikanan,karimun,budidaya, Udang,balai,benih,tambak

Karimun (ANTARA Kepri) - Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengajak warga Pulau Mandah, Kecamatan Kundur lebih serius mengembangkan budidaya udang.

Budidaya itu dilakukan melalui puluhan tambak pada balai benih udang di atas lahan seluas satu hektare di pulau itu.

"Panen udang di balai benih udang Pulau Mandah belum maksimal karena warga kurang serius menggarapnya," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Karimun Hazmi Yuliansyah di Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Senin.

Hazmi mengatakan, Pulau Mandah yang termasuk wilayah Desa Ngal dengan penduduk sekitar 50 kepala keluarga, merupakan sentra budidaya udang.

Di pulau itu telah disiapkan sekitar 50 tambak yang dikelola masyarakat melalui kelompok dengan didampingi tenaga penyuluh perikanan.

"Bantuan dari pemerintah untuk budidaya udang sudah cukup bagus. Tapi, warga yang menggarapnya harus fokus, jadwal jaga yang disusun setiap kelompok harus dilaksanakan, jangan tambak udang ditinggal karena lebih memilih untuk melaut," ucapnya.

Dia mengatakan, pemerintah daerah tidak akan membiarkan budidaya udang di pulau itu gagal atau tidak memiliki pangsa pasar pascapanen.

"Pemerintah akan berupaya mencari pasar untuk hasil panen, salah satunya adalah untuk kebutuhan perusahaan-perusahaan besar di kawasan perdagangan bebas Karimun," katanya.

Dia kawasan perdagangan bebas, menurut dia, terdapat perusahaan asing seperti PT Saipem dan Oiltanking dan sejumlah perusahaan galangan kapal yang diharapkan dapat menampung hasil panen.

"Kalau dijual ke Batam memang kurang menguntungkan, harga jualnya murah karena panen udang di sana melimpah," tuturnya.

Dikatakannya, hasil panen udang setelah ditebar empat bulan lalu sudah cukup menggembirakan. Dia berharap para petambak pada setiap kelompok mempertahankan serta terus berupaya meningkatkan kualitas maupun kuantitas panen.

"Sabtu (6/5), kami telah melihat langsung panen udang di Pulau Mandah. Udangnya besar-besar dengan berat mencapai 50 kilogram untuk satu tambak selebar 20x10 meter. Panen yang kami tinjau itu merupakan yang ke sekian kalinya dalam sebulan terakhir," ucapnya.

Anggota DPRD Karimun Raja Kamaruddin yang turut menyaksikan panen udang di pulau itu mengatakan, para petambak hendaknya tidak sungkan menyampaikan rencana kerja untuk meningkatkan hasil panen.

"Kami di dewan siap membantu agar budidaya udang di pulau itu berkembang. Program kerja yang diusulkan akan kami bawa untuk dianggarkan dalam APBD," ucapnya. (KR-RDT/H-KWR)

Editor: Kaswir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE