Jateng Juara Umum OSN SMP 2013

id jateng, juara, umum, olimpiade, sains, nasional, batam, riau, bali

Batam (Antara Kepri) - Tim Jawa Tengah kembali meraih  juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP 2013 yang digelar di Batam pada 15-21 Mei 2013, setelah gelar tersebut juga didapat pada 2012.
        
Dalam klasemen akhir yang disampaikan pada Senin malam di Batam, Jawa Tengah yang mengumpulkan lima medali emas, 13 perak dan 13 perunggu berhasil mengungguli DKI Jakarta yang mengumpulkan 5 emas, 7 perak, dan 11 perunggu di posisi dua.
        
Emas Jawa Tengah dipersembahkan oleh Timothy Jordan P dan Cantika Zenedine Yuswindia dalam mata pelajaran Biologi. Emas juga diperolah Chrysan Angela Piarso pada mata pelajaran Fisika.
        
Edwin Aldrian Santoso dan Eliora Violain Buyamin, menyumbang dua emas dalam bidang studi Matematika.
        
Jawa Tengah juga mendominasi perolehan perak dan perunggu dari empat bidang studi yang diperlombakan tersebut.
        
Emas untuk DKI Jakarta disumbangkan oleh  Ugiadam Farhan Firmansyah dalam bidang studi Biologi, James Yusuf mata pelajaran Fisika.
        
Selain itu, Ruben Salomon Partono bidang studi Matematika, serta Talia Salsabila dan Cristian Evan Chandar bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
        
Jawa Timur yang menghuni posisi ketiga berhasil mengumpulkan tiga emas, masing-masing oleh Alfri Yuslizar Anhar mata pelajaran Biologi, Muhammad Alfiyandy Hariansyah bidang studi Fisika dan  Akbar Fachrezy bidang studi IPS.
        
Selain emas, Jawa Timur juga mengumpulkan 7 perak dan 11 perunggu.
        
Pada posisi empat ditempati Jawa Barat dengan 3 emas, 3 perak, dan 8 perunggu. Emas Jawa Barat disumbangkan oleh Michael Gilbert bidang studi Matematika, Dimas Laksana dan Aliya Hasna Mazaya, bidang pelajaran IPS.
        
Provinsi Banten menyusul pada posisi 5 dengan 1 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Emas disumbangkan oleh  Faizal Husni bidang studi Fisika.
        
Pada posisi enam ditempati Provinsi Yogyakarta dengan 1 emas yang dipersembahkan oleh Muhammad Farhan bidang studi Biologi, serta 2 perak dan 1 perunggu.
        
Provinsi Riau yang mengumpulkan satu emas, satu perak, dan dua perunggu di posisi tujuh. Emas dipersembahkan oleh Dean Fanggohans dari bidang studi Fisika.
        
Posisi tujuh ditempati Bali dengan satu emas yang dipersembahkan oleh Gian Cordana Sanjaya bidang Matematika. Selain emas Bali juga mendapat tiga perunggu.
        
Pada posisi delapan ditempati Provinsi Sumatera Utara dengan dua perak dan dua perunggu. Di posisi sembilan dan 10, masing-masing ditempati Sumatera Barat dan Kalimantan Barat, dengan masing-masing memperoleh satu perak.
        
Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Didik Suhadi saat penutupan OSN 2013 mengatakan pemenang akan diseleksi lagi, sedangkan yang terbaik akan diikutkan dalam olimpiade skala internasional.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE