Juara Dunia Triathlon Bersiap ke MetaMan Bintan

id Juara,Dunia,Triathlon,caroline,steffen,Metaman,Bintan

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Juara dunia Triathlon, Caroline Steffen dari Swiss menyatakan bersiap-siap ke kompetisi olahraga ketahanan MetaMan Bintan di Lagoi, Kepulauan Riau pada Sabtu, 31 Agustus 2013.

"Bagi saya, ini merupakan kesempatan yang luar biasa berkompetisi di Indonesia untuk pertama kali. Meski jadwal sangat padat karena mengikuti beberapa kompetisi secara berurutan, saya sangat percaya diri akan memenangi kompetisi ini," kata Caroline dalam siaran pers penyelenggara Meta Sport di Nirwana Garden Resort, yang diterima Antara Tanjungpinang.

Caroline Steffen merupakan triatlet yang terkenal dengan julukan Xena, saat ini menduduki posisi kedua pada kejuaraan dunia Ironman 2011 dan 2012, serta menjuarai kompetisi Eropa dan Asia Pasifik 2012.

Selain itu, dia juga bertekat mengambil gelar juara dari pemenang tahun lalu, Candice Hammond.

MetaMan Bintan 2013, kejuaraan olahraga ketahanan,  akan diikuti oleh 450 atlet triatlon profesional dari 33 negara yang sepertiganya dari Eropa, 22 persen dari Australia dan tujuh persen dari Amerika. Para ekspatriat yang di Indonesia dan Australia juga akan meramaikan lomba ketahanan yang kedua kali di Lagoi, Bintan.

Total hadiah yang akan diperebutkan sebesar 154.000 dolar AS, meningkat 2,5 kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya 60.000 dolar AS. Juara pertama akan mendapatkan 40.000 dolar AS, posisi kedua 16.000 dolar AS, ketiga mendapatkan 8.000 dolar AS hingga atlet yang berada pada posisi keenam akan memperoleh 1.000 dolar AS.

"Hadiah uang tunai 40.000 dolar AS bagi pemenang merupakan magnet bagi triathlete kelas atas di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan penghargaan yang tinggi untuk olahraga dan saya berharap ini masa depan yang baik bagi perkembangan olahraga ketahanan," ujar Caroline.

Sementara itu, Courtney Atkinson, triathlete Olimpiade asal Australia menyampaikan sangat bersemangat berpartisipasi di MetaMan Bintan 2013.

"Bintan merupakan destinasi triathlon yang ideal, memberikan tantangan atletis melalui kombinasi air hangat, yang berarti tidak ada 'wetsuits' yang biasanya mempermudah, medan bersepeda yang berliku sehingga hanya mendapatkan jarak pandang yang tidak terlalu jauh, dan tentu saja suhu udara yang hangat. Sungguh tidak main-main," kata Atkinson.

Triathelete asal Australia ini juga mengatakan percaya dengan kemampua diri akan mampu merebut hadiah utama yang dulu menjadi awal ketertarikannya untuk berpartisipasi di MetaMan Bintan.

MetaMan Bintan 2013 akan mempertandingkan dua kategori, MetaMan full dengan jarak tempuh 3,8 km berenang, 180 km bersepeda dan 42,2 km berlari. Sedangkan peserta kategori menengah akan menempuh jarak 1,9 km berenang, 90 km bersepeda dan 21,2 km berlari. (Antara)

Editor: Rusdianto
Editor: Jo Seng Bie
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar