Disperindag Awasi SPBU Sukseskan BBM Satu Harga

id disperindag,awasi,spbu,sukseskan,bb,satu,harga

Disperindag Awasi SPBU Sukseskan BBM Satu Harga

Ilustrasi (antaranews)

Setiap bulan kita turun ke lapangan untuk mengecek dan melakukan tera ulang terhadap mesin-mesin pengisian BBM di SPBU
Batam (Antara Kepri) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau terus melakukan pengawasan ke setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) guna mensukseskan program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga yang digagas Presiden Joko Widodo. 

"Setiap bulan kita turun ke lapangan untuk mengecek dan melakukan tera ulang terhadap mesin-mesin pengisian BBM di SPBU," kata Kepala Disperindag Zarefriadi, di Batam, Kamis. 

Ia mengatakan apabila ada laporan mengenai SPBU yang melakukan kecurangan pihaknya akan langsung ke lokasi dan memeriksa semua mesin pengisi BBM. 

Jika terbukti akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan Pemkot Batam. Kadisperindag mengatakan kebijakan BBM satu harga sangat baik diterapkan terlebih Kota Batam memiliki kawasan hinterland atau pulau-pulau yang terpisah dari pusat pemerintahan. 

Menurutnya masyarakat hinterland sangat mengharapkan mendapatkan BBM dengan harga yang sama dengan warga di mainland. Namun pihaknya tidak dapat berbuat apa-apa terhadap masyarakat yang membuka usaha menjual BBM secara eceran. 

"Pengawasan BBM murni dilakukan Pertamina, kita hanya memfasilitasi apa-apa saja yang mereka perlukan," kata dia. 

Saat ini kata Kadisperindag pihaknya juga tidak mengeluarkan surat rekomendasi untuk masyarakat yang ingin membeli bensin dengan mengunakan jerigen di SPBU. 

Menurutnya hal tersebut kini sudah ditangani langsung Disperindag Provinsi
Kepri. Senior Sales Executive Retail XII Kepri Ida Bagus Ru Adhi Atma Wiguna mengatakan saat ini Kota Batam memiliki hampir 40 SPBU. 

Ia mengatakan program BBM satu harga diprioritaskan di pulau-pulau terdepan. Di Provinsi Kepri lanjutnya diterapkan di Kabupaten Lingga, Natuna dan Anambas. "Satu lagi di Tanjung Batu Tanjung Balai Karimun," katanya. 

Pihaknya berharap dengan program itu seluruh masyarakat Indonesia dapat membeli BBM sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) dari Pertamina.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE