291 warga ikuti seleksi anggota PPS Karimun

id Ketua KPU Karimun,Ahmad Sulton,seleksi anggota PPS di Karimun

291 warga ikuti seleksi anggota PPS Karimun

Ketua KPU Karimun Ahmad Sulton (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Sudah kami umumkan calon anggota PPS yang lolos seleksi administrasi, selanjutnya mereka akan mengikuti tes tertulis Selasa (20/2) dan Rabu (21/2)
Karimun (Antaranews Kepri) - Sebanyak 291 warga mengikuti seleksi menjadi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, 20-21 Februari 2018.

"Sudah kami umumkan calon anggota PPS yang lolos seleksi administrasi, selanjutnya mereka akan mengikuti tes tertulis Selasa (20/2) dan Rabu (21/2)," kata Ketua KPU Karimun Ahmad Sulton di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Tes tertulis, kata Ahmad Sulton, dilaksanakan di masing-masing kecamatan, dari jumlah pendaftar sebanyak itu, akan dipilih tiga untuk satu PPS di tingkat kelurahan dan desa.

"Ada 71 kelurahan dan desa di Karimun ini," katanya.

Sulton mengatakan perekrutan PPS sedikit berbeda dengan pemilu 2014 lalu, masing-masing calon juga diuji pengetahuannya tentang seluk-beluk desa atau kelurahan masing-masing.

"Sebab itu yang akan menjadi bahan pertimbangan kami nanti," kata dia.

Komisioner KPU Karimun Syamsir menambahkan, pihaknya akan memberi waktu kepada masyarakat untuk memberikan penilaian terhadap calon PPS yang mengikuti seleksi, dan penilaiannya bisa disampaikan ke KPU setempat.

"Dari penilaian tersebut juga menjadi pertimbangan kami. Contoh, apakah calon tersebut pengurus partai, tentu tidak bisa kami tetapkan menjadi anggota PPS," katanya.

Calon PPS, katanya, akan dimintai klarifikasi terhadap laporan tersebut, jika laporan yang dimaksud berbentuk provokatif dengan maksud dan tujuan tertentu, pihaknya akan meminta klarifikasi terhadap yang bersangkutan.

"Bisa jadi yang dilaporkan ini adalah korban dan dia tidak tahu," katanya.

Sebelumnya, KPU Karimun telah merampungkan perekrutan 12 Panitia Pemilihan Kecamatan, setiap kecamatan terdiri atas tiga orang, sehingga total anggota PPK yang akan dilantik pada Maret 2018 sebanyak 36 orang. Baca juga: KPU Karimun tetapkan 36 anggota ppk

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE