Menlu: Pemerintah menaruh harapan besar pada NDP

id menlu retno,nongsa digital park,masyarakat ekonomi asean

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi. (Antaranews Kepri/Danna Tampi)

Pertemuan pemimpin RISING50 di Singapura pada September 2017 silam, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa NDP akan menjadi jembatan digital,
Batam (Antaranews Kepri) - Nongsa Digital Park (NDP) menjadi harapan besar pemerintah Republik Indonesia agar menjadi jembatan digital antara Indonesia dengan Singapura yang nantinya dapat dikembangkan menjadi industri digital di Indonesia.

"Lokasinya yang strategis menjadi ideal untuk dijadikan platform industri digital dan pengembangan inkubator startup," kata Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, di Batam, Rabu.   

Retno menambahkan peresmian NDP menjadi jembatan digital merupakan tindaklanjut pertemuan Presiden Joko Widodo dan PM Lee Hsien Loong tahun lalu.

Pertemuan tersebut kata dia membahas pengembangan Batam sebagai jembatan digital yang menghubungkan kerjasama bidang teknologi digital antara Indonesia dengan Singapura.

"Pertemuan pemimpin RISING50 di Singapura pada September 2017 silam, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa NDP akan menjadi jembatan digital," katanya.

Kawasan itu lanjut Retno akan menjadi batu loncatan yang menghubungkan Singapura melalui Kota Batam dalam hal kegiatan ekonomi digital, tidak hanya di Provinsi Kepulauan Riau, tapi juga ke kota-kota lain di Indonesia.

Indonesia lanjut Retno tengah gencar membangun potensi ekonomi digital dan telah berupaya mengembangkan potensi yang ada.

"Tidak hanya di bidang perdagangan elektronik, tapi juga teknologi finansial, kecerdasan buatan dan potensi digital ekonomi lainnya. Dalam hal ini pemerintah menaruh harapan besar pada NDP," kata Retno.

Karena menjadi percontohan pengembangan industri digital di Indonesia. Retno berharap kawasan industri digital bisa menjadi katalisator bagi kerjasama berkelanjutan antara Indonesia dan Singapura di bidang ekonomi digital dalam era MEA.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan sepuluh tahun lalu ke Batam, NDP masih kecil dan berada dibawah naungan Nongsa Point. Namun saat ini sudah kian berkembang dan semakin besar.

"Kami berharap ini akan mencapai kejayaan yang cemerlang di masa depan," katanya.

Saat ini kata dia merupakan masa revolusi digital dan NDP bisa menghasilkan pekerjaan masa depan yang baik serta peluang yang sangat luas.

"Tapi untuk mencapai ini yang pertama harus dilakukan adalah pendidikan," lanjutnya.(Antara)

Editor : Pradanna Putra
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar