TPID Batam rancang bazar sembako jelang Lebaran

id bazar ramadhan,TPID,batam

TPID Batam rancang bazar sembako jelang Lebaran

Anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Batam Zarefriadi (Antaranews Kepri/Messa Haris)

Seperti tahun lalu, menggandeng distributor, sehingga harga dijual dengan harga distributor. Sekarang sedang disusun jadwalnya
Batam (Antaranews Kepri) - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam, Kepulauan Riau, merancang bazar kebutuhan pokok untuk mengendalikan kenaikan harga menjelang Lebaran 2018.

"Saat ini TPID sedang merancang dan akan turun untuk melakukan bazar sembako," kata Anggota TPID Batam, Zarefriadi yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam di Batam, Jumat.

Rencananya, TPID akan menggandeng distributor dalam bazar yang diselenggarakan di pasar yang dekat dengan pemukiman padat itu.

Dengan menggandeng distributor langsung maka harga jual yang ditawarkan kepada masyarakat akan lebih murah.

"Seperti tahun lalu, menggandeng distributor, sehingga harga dijual dengan harga distributor. Sekarang sedang disusun jadwalnya," kata dia.

Sementara itu, dalam pengecekan harga yang dilakukan Disperindag, harga daging beku di pasar melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan Kementerian Perdagangan.

Harga daging beku di Pasar Cipta Puri Kecamatan Sekupang, seharga Rp88.000 per kilogram. Lebih mahal Rp8.000 dari HET.

"Nanti kami cek ke distributor untuk menanyakan harga daging ini," kata Zarefriadi.

Berdasarkan koordinasi dengan Bulog, ia mengatakan Perum itu mendatangkan daging kerbau impor untuk menekan harga daging.

Ia berharap setelah daging kerbau asal India itu beredar di pasaran, maka harga daging beku di pasar dapat kembali sesuai HET.

Selain daging, beras juga ada yang dijual dengan harga di atas HET. Beras medium di Cipta Puri seharga Rp10.500 dan Rp11.000, di atas HET, Rp9.950 per kilogram.

Sementara harga bahan pangan lain, relatif stabil dengan fluktuasi normal, di antaranya cabai merah Rp43.000 per kg, bawang putih Rp30.000 per kg dan bawang merah Rp28.000 per kg.

"Dari dinas, kami tetap akan turun dua kali seminggu untuk memantau harga di Ramadhan ini," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE