Pemberian vaksin MR di Tanjungpinang 40,99 persen

id vaksin MR,tanjungpinang,measles dan rubella,campak

Pemberian vaksin MR di Tanjungpinang 40,99 persen

Gubernur Nurdin saat membuka pencanangan kampanye vaksin MR di Batam (Antaranews Kepri/YJ Naim)

Kalau yang kebal lebih dari 80 persen anak, maka masyarakat di tempat tersebut diharapkan kebal secara kolektif dari kemungkinan tertular campak dan rubella
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) -  Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mencatat pemberian vaksin Measles dan Rubella untuk anak usia sekolah hingga 15 tahun sudah mencapai 40,99 persen.

"Persisnya itu 40,99 persen pemberian vaksin MR sudah kami laksanakan terhitung 20 Agustus 2018," Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, Selasa.

Menurut Rustam, total sasaran pemberian vaksin MR di Kota Tanjungpinang sekitar 56.031 anak dengan batas waktu 30 September 2018 mendatang.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh Antara, persentase pemberian vaksin MR di Kota Tanjungpinang tersebut melebihi kabupaten kota lain di Kepulauan Riau.

Kabupaten Lingga 27,43 persen, Anambas 26,05 persen, Kota Batam 24,98 persen,  Bintan, 17,95 persen, Karimun 15,35 persen, dan Natuna 9,4 persen.

Dalam hal ini, Rustam berharap pemberian vaksin MR tersebut akan dapat membentuk kekebalan tubuh pada anak, sehingga tidak mudah terinfeksi campak dan rubella.

"Kalau yang kebal lebih dari 80 persen anak, maka masyarakat di tempat tersebut diharapkan kebal secara kolektif dari kemungkinan tertular campak dan rubella," tegasnya.

Sambung Rustam, jika kekebalan kolektif berlangsung dalam jangka panjang, maka  campak diharapkan akan tereliminasi dari muka bumi.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE