Budaya Minang meriahkan resepsi diplomatik di Mesir

id resepsi diplomatik,duta besar,kairo,mesir,budaya minang,dwi ria latifa

Suguhan tari piring asal Minang dalam acara Resepsi Diplomatik di KBRI Kairo, Mesir. (Antaranews Kepri/Istimewa)

Atas nama bangsa Indonesia, saya ingin berterima kasih kepada negara-negara sahabat, dan terutama rakyat Mesir, atas segala doa dan simpati yang diberikan kepada kami
Karimun (Antaranews Kepri) - Budaya Minang memeriahkan resepsi diplomatik HUT RI ke-73 di Kairo, Mesir yang mengusung tema mengenalkan adat dan budaya Sumatera Barat.

Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy dalam rilis yang diterima di Tanjung Balai Karimun, Rabu, menyebutkan sejumlah tarian tradisional Minang yang ditampilkan antara lain Tari Indang, Dindin Badindin dan Tari Piring.

Para penarinya adalah mahasiswa dan mahasiswi Universitas Al-Azhar. Untuk melengkapi suasana Indonesia, tarian Bali dan permainan alat musik Sasando ikut memeriahkan suasana.

Dalam resepsi itu, panitia menyajikan kuliner rendang, sate padang, mie aceh, bakso, dan nasi goreng.

Acara yang berlangsung di halaman Wisma Duta KBRI Kairo itu dihadiri lebih dari 500 undangan. Sebagian besar para duta besar dan diplomat negara sahabat yang ada di Kairo.

Sejumlah pejabat tinggi Mesir turut hadir, antara lain Menteri Perdagangan Dalam Negeri Aly Moselhy, Wakil Ketua Parlemen Syeikh El Sayed Mahmoud El Sharif, Penasihat Grand Sheikh Al-Azhar Abdurrahman Musa.

Dalam acara tersebut, sejumlah duta besar dan kepala perwakilan negara sahabat menyampaikan langsung belasungkawa atas bencana tsunami di Sulawesi Tengah.
Duta Besar Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzy dan istri yang juga anggota DPR Dwi Ria Latifa berfoto bersama para diplomat dan penari. (Antaranews Kepri/Istimewa)

Pemerintah Mesir, melalui Kementerian Luar Negeri juga ikut menyatakan duka mendalam atas insiden tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Asisten Menlu Mesir bidang Asia Pasifik, Khaled Tarwad ketika bertemu Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy.

Dubes Helmy menyampaikan terima kasih atas dukungan dan doa belasungkawa yang diberikan pada Indonesia.

Dia menjelaskan pemerintah dan rakyat Indonesia bersatu padu dalam penanganan bencana tsunami di Sulawesi Tengah.

"Atas nama bangsa Indonesia, saya ingin berterima kasih kepada negara-negara sahabat, dan terutama rakyat Mesir, atas segala doa dan simpati yang diberikan kepada kami," ujar Dubes Helmy.

Selain dari kalangan diplomatik, delegasi Indonesia yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Mesir juga ikut menghadiri kegiatan Resepsi Diplomatik RI ini.

Mereka antara lain, rombongan BP Batam yang dipimpin oleh Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo yang datang bersama sejumlah pebisnis asal Batam.

Kedatangan rombongan BP Batam disambut Dubes Helmy beserta isteri Dwi Ria Latifa.

Dwi Ria Latifa yang juga anggota DPR dari daerah pemilihan Kepulauan Riau ini pun mengajak Lukita dan anggota delegasi bersama-sama berbaur bersama para diplomat sekaligus berfoto bersama dengan Duta Besar Helmy.

Kepala BP Batam dalam acara tersebut juga mengenakan pakaian adat Minang.

Untuk diketahui, kunjungan BP Batam ini dalam memenuhi undangan KBRI Kairo guna penjajakan kerja sama ekonomi antara Mesir dengan Batam.

Selama di Mesir, delegasi BP Batam melakukan serangkaian pertemuan dengan pelaku sektor ekonomi. Rencananya, mereka juga akan menggelar pertemuan dengan pengusaha Mesir yang difasilitasi KBRI Kairo.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar