Bawaslu Batam copot ratusan alat peraga kampanye

id Bawaslu Batam,alat peraga kampanye,spanduk,baliho,copot

Logo Bawaslu (antaranews.com)

Ada yang bagi-bagi sembako. Laporannya melalui pesan aplikasi, karena melihat di facebook. Kami meminta bukti, jangan asal menuduh. Nanti diverifikasi
Batam (Antaranews Kepri) - Badan Pengawas Pemilu Batam, Kepulauan Riau, mencopot ratusan alat peraga kampanye Pemilu 2019 yang melanggar aturan Komisi Pemilihan Umum.

"Yang sudah kami copot ada 30 baliho dan seratusan lebih spanduk," kata Komisioner Bawaslu Batam, Mangihut Rajagukguk di Batam, Senin.

Baliho dan spanduk tersebut dinilai melanggar aturan karena dipasang oleh calon anggota legislatif sendiri. Padahal ketentuan KPU menyebutkan, alat peraga kampanye hanya boleh dipasang oleh KPU dan partai politik.

Lokasi pemasangan alat peraga kampanye pun sudah ditentukan KPU Batam, karena dibagi untuk tiap partai politik di seluruh kecamatan dan kelurahan.

"Sudah ditentukan tempatnya, sudah ada kesepakatan KPU dan Bawaslu. Caleg yang membuat baliho adalah harus konfirmasi dengan parpol," kata dia.

Ia menyayangkan, masih banyak caleg yang tidak mengetahui aturan pemasangan alat peraga kampanye, yaitu setiap parpol hanya 10 spanduk dan 5 baliho di setiap kelurahan.

Bawaslu meminta partai politik terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada setiap calon anggota legislatifnya agar tidak ada lagi yang menyalahi aturan.

Ditanya mengenai dugaan pelanggaran kampanye yang lain, ia mengatakan, ada yang melaporkan adanya pembagian sembako dari caleg. Sayangnya laporan masyarakat itu disampaikan secara tidak formal kepada Bawaslu.

"Ada yang bagi-bagi sembako. Laporannya melalui pesan aplikasi, karena melihat di facebook. Kami meminta bukti, jangan asal menuduh. Nanti diverifikasi," kata dia.

Sementara itu, KPU Batam menetapkan 207 lokasi pemasangan alat peraga kampanye peserta Pemilu 2019, yang tersebar di 12 kecamatan.

"Untuk pemasangan baliho ada sekitar 47 titik dan untuk pemasangan spanduk ada sekitar 160 titik," kata Komisioner Bidang Teknis KPU Batam, Zaki Setiawan.

Lokasi pemasangan baliho, di antaranya di Simpang Jam, Simpang Bengkong Seken dan Lintas Bawah Pelita. Sedangkan lokasi spanduk di antaranya Pasar Melcem, Pujasera Seraya Kavling, Simpang RS Awal Bross dan Lapangan Volly Bengkong Baru.

Ia menyatakan, penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye itu berdasarkan hasil koordinasi dengan Pemkot, Badan Pengusahaan Kawasan Batam dan pihak terkait lainnya.

KPU memfasilitasi 10 baliho dan 15 spanduk untuk setiap partai politik. Selain yang diberikan KPU, partai politik diperkenankan membuat sending, yaitu sebanyak 5 baliho dan 10 spanduk untuk setiap kelurahan.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar