Disdukcapil Karimun kehabisan blangko KTP-el

id Disdukcapil karimun,KTP-el,kartu tanda penduduk

Disdukcapil Karimun kehabisan blangko KTP-el

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun Muhammad Tahar (ANTARA/Rusdianto)

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau kehabisan blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) sementara harus menerbitkan surat keterangan (suket) pengganti KTP-el.

"Kita masih menunggu anggaran untuk mengambil blangko KTP-el di pusat, dan untuk sementara kita terbitkan suket pengganti KTP-el," kata Kepala Disdukcapil Karimun Muhammad Tahar di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Muhammad Tahar mengatakan untuk tahap awal, pihaknya akan mengambil sekitar 5.000 blangko KTP-el dari pemerintah pusat.

Kebutuhan blangko KTP-el, jelas dia, mencapai 5.000 lembar, termasuk untuk warga yang sudah melakukan perekaman atau "print ready record" (PRR) sekitar 3.000 orang.

"Mudah-mudahan pada Februari kembali normal. Ini hanya masalah anggaran yang belum turun, kalau untuk blangko sebenarnya sudah ada di Kementerian Dalam Negeri," katanya.

Sementara itu, perekaman data KTP-el terus dilakukan di tingkat kecamatan, salah satunya di Kecamatan Karimun.

"Perekaman data KTP-el terus kita layani, sedangkan pencetakannya dilakukan di Disdukcapil," kata Sekretaris Camat Karimun Efrian Santana, mewakili Camat Karimun.

Efrian yang baru menjabat Sekcam ini juga mengimbau kepada warga masyarakat untuk mengambil KTP-el yang sudah selesai dicetak. Sebab, kata dia, lebih dari 500 lembar KTP-el terbitan sejak 2016, hingga 2019, masih tersimpan di kantor Kecamatan Karimun.

"Kepada warga, kami imbau untuk mengambil KTP-el yang sudah dicetak di kantor kelurahan atau desa, atau langsung ke kantor kecamatan," katanya.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar