HNSI Tambelan minta pemerintah lindungi nelayan

id tambelan, bintan, nelayankepri

HNSI Tambelan minta pemerintah lindungi nelayan

Sejumlah masyarakat Tambelan membakar KM Harapan Jaya 1 yang menangkap cumi di perairan Tambelan (2/4). ANTARA Kepri / Saud Mc Kashmir

Tambelan, Bintan (ANTARA) - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ranting Tambelan meminta pemerintah pusat dan daerah memperhatikan nasib nelayan  Tambelan, Kabupaten Bintan.

Permintaan tersebut disampaikan Ketua HNSI ranting Tambelan, Syamsuddin karena armada nelayan luar daerah yang beroperasi di perairan Tambelan diduga tidak sesuai dengan kearifan lokal yang telah disepakati 2018 silam yang ditandatangani pemerintah Kecamatan Tambelan.

"Tolong perhatikan nasib nelayan Tambelan, kami sudah lama menangis melihat ulah mereka di laut," kata Ketua HNSI ranting Tambelan, Syamsuddin kepada Antara, Jumat.

Menurut dia, armada nelayan dari luar daerah Tambelan menggunakan alat tangkap yang lebih maju dan pencahayaan yang lebih terang bila dibandingkan dengan nelayan Tambelan. 

"Sehingga daya tangkap mereka lebih banyak dari pada nelayan Tambelan. Sotong, ikan bisa mereka dapatkan dengan jumlah yang banyak, sementara kami nelayan Tambelan susah mendapatkan ikan," tegasnya.

Selain itu, keberadaan armada nelayan luar di titik jarak tangkap juga sering kali dikeluhkan nelayan Tambelan.

"Keluhan dari nelayan Tambelan ini juga sering kami terima dan juga sering kali kami membahasnya bersama pemerintah setempat, tapi sampai saat ini tak selesai-selesai," paparnya.

Syamsuddin sendiri mengaku tidak berada di Tambelan ketika peristiwa terhadap KM Harapan Jaya 1 (2/4).

Ia mengatakan bahwa, masyarakat nelayan Tambelan tidak akan mengusik nelayan lain bila mereka tidak mengusik daerah tangkap nelayan Tambelan sesuai dengan kearifan lokal 2018 tersebut.

"Kami juga heran, Allah SWT menciptakan laut ini luas, tapi mengapa mereka  masih saja mengambil ikan dan sotong ke dalam laut Tambelan," ujar Syamsuddin.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE