Warga positif COVID-19 sebaiknya didampingi

id virus corona batam,tim posko batam

Warga positif COVID-19 sebaiknya didampingi

Tim Posko Lawan COVID-19 Kepri rapat persiapan pendampingan masyarakat terdampak COVID-19 di Batam, Kamis. (Dok Pemprov Kepri)

Batam (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Kepulauan Riau Isdianto meminta Tim Posko Lawan COVID-19 Kepri di Batam mengintensifkan pendampingan kepada warga terpapar virus corona di kota itu.

Ketua Tim Posko Lawan COVID-19 Kepri di Batam Buralimar menyatakan Plt Gubernur meminta timnya membantu pasien, tenaga medis, warga sekitar klaster dan keluarga pasien COVID-19.

"Kami melakukan konsolidasi lebih besar sebab penyebaran klaster di Kota Batam sudah menyasar perumahan dalam skala sporadis," kata Buralimar di Batam, Kamis.

Ia menyatakan Pemprov Kepri akan berupaya mengintensifkan pendampingan kepada warga terpapar dan masyarakat di lingkungan tersebut sesuai instruksi gubernur.

"Kami sudah masuk ke klaster (HOG) Eden Park untuk pendampingan. Sekarang kami akan lebih menyebar," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri itu.

Buralimar menjelaskan, tim posko merancang strategi dengan menggelar pertemuan dengan sejumlah instansi, termasuk Satpol PP Provinsi Kepri dan Bidang Promosi Kesehatan Dinkes Kepri.

Rapat itu demi mempersiapkan langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan.

Tim juga menyiapkan pembentukan formasi, koordinasi, dan perlengkapan tim yang akan terlibat langsung di lapangan serta menyiapkan pendampingan tenaga kesehatan dengan agenda pelatihan medis dan paramedis.

"Pelatihan tenaga medis di garda depan bertujuan memperkuat upaya preventif dan promotif lewat promosi kesehatan dan kesehatan lingkungan agar nilai edukasi masyarakat terhadap COVID-19 meningkat," kata Buralimar dalam keterangan tertulis.

Tenaga medis dan SDM di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan lanjutan juga dilatih soal pencegahan dan penanganan pasien COVID-19, dibekali pengetahuan surveilans epidemi serta membantu percepatan pemeriksaan swab COVID-19 di Batam secara masif.

Buralimar menambahkan, tim juga merancang langkah-langkah pendampingan untuk masyarakat dengan memberikan pemahaman terhadap manajemen risiko pada daerah-daerah yang berstatus merah dan daerah yang terdapat pasien dengan status positif di sekitarnya.

Lalu melakukan pendampingan terhadap anggota keluarga yang salah satu keluarganya terkena musibah sebagai status positif COVID-19 di Batam.

"Selanjutnya melakukan metode trauma healing dengan pendampingan psikolog pada kasus-kasus yang membutuhkan trauma healing," ujar Buralimar.

Kemudian memberikan bantuan kebutuhan pokok dan dukungan kepada warga ataupun keluarga yang terdampak COVID-19 dan memberikan edukasi terhadap masyarakat yang kurang disiplin dengan cara yang normatif dan edukatif.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE