Pemilih pemula diimbau urus KTP elektronik

id Pemprov Kepri, imbau pemilih pemula urus KTP elektronik

Pemilih pemula diimbau urus KTP elektronik

Rapat Pleno Penetapan DPT Kepri di salah satu hotel di Tanjungpinang, Minggu (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau mengimbau seluruh pemilih pemula yang belum memiliki identitas kependudukan segera mengurus kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

Pelaksana Harian Asisten I Pemprov Kepri Sardison dalam Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kepri di salah satu hotel di Tanjungpinang, Minggu, mengajak seluruh warga yang berusia 17 tahun pada hari pemungutan suara 9 Desember 2020 untuk mengurus KTP elektronik.

Mereka dapat merekam KTP elektronik pada 7-8 Desember 2020. Bahkan pada 9 Desember 2020 pagi mereka masih bisa merekam KTP elektronik.

"Warga yang sudah merekam KTP elektronik akan mendapatkan surat keterangan dari Dinas Kependudukan," kata Sardison yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Kepri.

Dalam rapat pleno itu, Sardison menegaskan bahwa persediaan blanko KTP elektronik mencukupi. Blanko sudah didistribusikan ke Dinas Kependudukan kabupaten dan kota beberapa bulan lalu.

"Kami juga memiliki stok blanko KTP elektronik," tuturnya.

Penjelasan Sardison itu menjawab kegelisahan salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang sempat mempertanyakan persediaan blanko KTP elektronik.

"Akhir Mei 2020 kami mendapat 38 ribu blanko KTP elektronik dari pusat, yang sudah didistribusikan ke kabupaten dan kota," katanya.

Petugas administrasi kependudukan pemda juga terus melakukan verifikasi dan validasi data kependudukan, termasuk para warga binaan yang belum memiliki identitas kependudukan.

"Kami akan membantu mendata, dan membantu percepatan mendapatkan KTP elektronik asal memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku," ucapnya.

KPU Kepri menetapkan DPT yang tersebar di tujuh kabupaten dan kota sebanyak 1.168.188 orang, yang terdiri atas 582.995 perempuan dan 585.193 laki-laki.
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar