Jembatan Batam-Bintan dibangun awal 2021

id Pembangunan jembatan babin

Jembatan Batam-Bintan dibangun awal 2021

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IV Jambi-Kepri, Kementerian PUPR meninjau tapak pembangunan jembatan Batam-Bintan di Kepri. (ANTARA/HO)

Bintan (ANTARA) - Pjs Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin memastikan pembangunan jembatan Batam - Bintan (Babin) dimulai pada awal tahun 2021.

Bahtiar mengatakan proyek tersebut akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggunakan dana APBN sekitar Rp8,6 triliun.

"Dari APBD Provinsi Kepri juga ada. Khusus untuk pengadaan lahan," kata Bahtiar di Tanjungpinang, Selasa (17/11).

Bahtiar sudah meminta Dinas PUPR dan Bappeda Pemprov Kepri untuk turun mengecek kesiapan lokasi pembangunan jembatan Babin, karena pada pekan depan bakal dilakukan pemancangan titik koordinat pembangunan awal.

Kemudian, meminta Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mendata lahan pembangunan jembatan yang menghubungkan dua pulau tersebut.

"Koordinasi dengan Kementerian PUPR juga terus dilakukan agar pembangunan jembatan Babin dapat berjalan sebagaimana mestinya," ujar Bahtiar.

Lebih lanjut, Bahtiar menyampaikan pembangunan jembatan Babin sudah disampaikan Presiden Jokowi saat masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di tahun 2019.

Proyek itu pun kini sudah masuk ke dalam Major Project RPJMN 2020-2024.

Terpisah, Pjs Bupati Kabupaten Bintan Buralimar menyatakan keberadaan jembatan itu diyakini dapat menggerakkan roda perekonomian Provinsi Kepri pada umumnya, serta Kota Batam dan Kabupaten Bintan pada khususnya.

Dia optimis jika jembatan tersebut sudah beroperasi, maka Bintan akan lebih ramai dari Batam. Apalagi daerah Bintan memiliki potensi pariwisata bertaraf internasional di kawasan Lagoi.

"Pemerintah daerah sangat menyambut baik pembangunan jembatan Babin. Informasi yang kami dapatkan, proyek ini sudah dilelang oleh Kementerian PUPR," demikian Buralimar.

 

Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar