Batam, Kepri (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, Provisi Kepulauan Riau mencatat sebanyak 25.596 wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Batam selama liburan Tahun Baru Imlek 2023.

Kepala Imigrasi Kelas I Batam, Subki Miuldi mengatakan di Batam, Selasa (24/1) bahwa, terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisman saat libur Imlek mencapai 40 sampai 50 persen dibanding hari-hari biasa.

“Selama libur Imlek, terjadi peningkatan kunjungan wisman ke Kota Batam melalui pelabuhan internasional,” katanya.

Dia menjelaskan, pada hari Sabtu (21/1) jumlah kunjungan wisman mencapai 14.052 kunjungan, pada Minggu (22/1) mencapai 7.594 kunjungan dan pada Senin (23/1) mencapai 3.950 kunjungan. Jika ditotal seluruhnya berjumlah 25.596 wisman yang berkunjung ke Batam.

Pada hari biasa kata Subki, jumlah pengunjung yang datang ke Batam biasanya hanya berkisar 1.000 sampai 2.000 orang saja.

“Kunjungan wisman ini didominasi dari negara Singapura, dan disusul dari Malaysia,” kata dia.

Padatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam ini kata dia, terlihat di setiap pelabuhan internasional yang ada di Batam. Seperti Pelabuhan Internasional Batam Centre, Pelabuhan Internasional Harbour Bay, Pelabuhan Internasional Sekupang dan Pelabuhan Internasional Nongsa Pura.

Dengan adanya kenaikan itu, Imigrasi Batam telah memberikan perlakuan khusus seperti pengetatan pengecekan dokumen hingga penambahan petugas di setiap pelabuhan.

"Biasanya sekitar seribuan penumpang per hari. Sekarang kita tambah anggota di setiap pelabuhan," demikian Subki Miuldi.

 


Pewarta : Ilham Yude Pratama
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024