Batam (ANTARA) - Peternak madu asal Bintan, Kepulauan Riau, Guden Bee Farm, meraih juara tiga dalam ajang Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Tanjungpinang 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Alhamdulillah kami dapat juara 3 AKI 2024,” kata Serka Meldi Wahyuda selaku pemilik Gudem Bee Farm kepada ANTARA di Batam, Selasa.

Gudem Bee Farm untuk pertama kali mengikuti AKI 2024, meskipun sudah berdiri sejak 2018, memproduksi madu propolis dari lebah madu Trigona di Bintan.

AKI Tanjungpinang 2024 diikuti sekitar 30 pelaku UMKM kreatif dari Kepri, dipamerkan selama 3 hari di Kota Batam. Dihadiri Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Ahad (4/8).

Baca juga:
Pemprov Kepri salurkan bantuan Rp120 miliar untuk dua kecamatan di Tanjungpinang 

Nyanyang Haris siap mundur dari DPRD demi maju Pilkada Kepri 2024

Gudem Bee Farm, salah satu UMKM binaan Bank Indonesia, masuk seleksi untuk tampil pada pameran AKI 2024.

Menurut Medi, anggota TNI Angkatan Udara (AD) Bintan itu, keikutsertaan usahanya dalam AKI 2024 membuka jaringan pemasaran produk asli Kabupaten Bintan.

“Manfaatnya salah satunya adalah menambah jaringan relasi untuk para pengusaha di kancah lebih tinggi lagi,” kata Medi.

Keberhasilan Medi membina masyarakat Bintan untuk beternak lebah Trigona untuk menghasilkan madu propolis berkualitas tinggi, mendapat apresiasi dari Panglima TNI dengan penganugerahan Sudirman Award tahun 2023.

Pada kepesertaan AKI 2024, Gudem Bee Farm menjadi salah satu UMKM yang juara, karena kreativitas, inovasi, kecakapan, penjualan, antusiasi pengunung, serta interaktif.

Baca juga:
UMRAH kirim 9 atlet ke kejuaraan silat internasional Malaysia

Pertumbuhan ekonomi Kepri triwulan II-2024 mencapai 4,90 persen

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, pada acara puncak AKI Tanjungpinang 2024 di Kota Batam, Minggu (4/8), mendukung agar produk-produk UMKM kreatif Kepri ini bisa tampil sebagai andalan menambah jumlah ekspro produk ekonomi kreatif Indonesia yang saat ini mencapai angka 28 miliar dollar Amerika.

Menurut dia, perhelatan AKI menunjukkan program yang diusung Kemenparekraf tepat manfaat, tepat sasaran, dan tepat waktu.

“Gudem Bee Farm, ini mendapatkan penghargaan dari Panglima TNI sebagai pemenang trofi Sudirman. Saya harap Gudem Bee Farm bisa mengajarkan kewirausahaan di kalangan masyarakat untuk mendorong produk-produk yang memiliki kualitas tertinggi, tapi juga mengedepankan kearifan lokal,” kata Sandi.

Dengan penyelenggaraan AKI 2024 ini, Sandi berharap agar semakin banyak produk kreatif Kepri mendapat kesempatan untuk membuka pasar mancanegara, baik Singapura, Malaysia, dan negara-negara lainnya.

Apresiasi Kreasi Indonesia atau AKI sudah berjalan selama 4 tahun dengan total pelaksanaan sudah mencapai 48 kota/kabupaten di Indonesia.

Baca juga:
Dinkes pastikan layanan dokter di Batam mencukupi

Revitalisasi Masjid Agung Batam masuk tahap finalisasi

Samsat Natuna-Kepri ajak warga manfaatkan pemutihan pajak kendaraan bermotor

Lapas Batam latih warga binaan agar miliki keahlian sablon digital


Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024