Batam (ANTARA) - Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melalui Satuan Pemeriksaan Intern mengadakan sosialisasi terkait Survei Penilaian Integritas (SPI) 2024 di Balairungsari Batam Center, Rabu.

Direktur Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Aida Ratna Zulaiha, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas partisipasi BP Batam dalam SPI 2024. 

Ia menyatakan bahwa SPI adalah program yang dipelopori oleh KPK sebagai bagian dari upaya nasional untuk mengurangi risiko korupsi dan meningkatkan integritas serta kualitas layanan publik.

Baca juga: Pagu anggaran BP Batam 2025 sebesar Rp1,992 triliun

“Hasilnya berupa skor atau nilai yang disertai dengan rekomendasi perbaikan sistem pencegahan korupsi yang perlu diterapkan oleh organisasi publik, baik di kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah,” ujar Aida. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tujuan utama SPI adalah untuk meningkatkan kesadaran risiko korupsi dalam organisasi publik dan mendorong perbaikan sistem anti korupsi.

Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam Alexander Zulkarnain menyambut baik kerja sama yang dilakukan bersama KPK. 

Baca juga: BP Batam ajak masyarakat tak terprovokasi isu negatif Rempang Eco-City

“Rekomendasi yang diberikan nanti tentunya akan sangat berharga. Penting bagi kami untuk memahami tingkat integritas di BP Batam,” kata Alexander.

Ia mengimbau kepada para responden, baik internal maupun eksternal, untuk menjawab dengan jujur dan terbuka guna memperoleh hasil yang optimal. 

Mengingat survei ini dilakukan secara anonim, responden dapat menyampaikan perasaan dan pengetahuan mereka dengan bebas.

“Mari kita bersama-sama menyukseskan pelaksanaan survei ini. SPI tidak hanya memberikan nilai tambah bagi BP Batam, tetapi juga merupakan langkah dalam memperbaiki integritas dan pemberantasan korupsi di negeri ini,” ujarnya.

Hasil SPI nantinya akan diumumkan secara nasional melalui media sosial KPK dan situs web jaga.id.

Baca juga:
RSBP Batam lakukan pemeriksaan 8 bakal paslon Pilkada

RSBP Batam layani pemeriksaan kesehatan peserta pilkada di empat daerah


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024