Tanjungpinang (ANTARA) - BPBD melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) kembali menangkap seekor buaya muara berukuran 1,5 meter di area Pantai Teluk Bakau.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Toapaya Makmur mengatakan kejadian bermula ketika pihaknya menerima laporan personel Babinsa TNI AD Pentri terkait adanya seekor buaya di dekat permukiman warga setempat pada Selasa pagi pukul 06.40 WIB.

"Delapan personel UPTD Pemadam Kebakaran Toapaya langsung ke lokasi guna melakukan proses evakuasi terhadap buaya tersebut," katanya.

Makmur menyampaikan proses evakuasi berjalan lancar hingga akhirnya buaya itu berhasil ditangkap pada pukul 08.30 WIB.

Selanjutnya hewan reptil tersebut diserahkan kepada pihak Taman Safari Lagoi di Kabupaten Bintan. "Sudah ada MoU, buaya itu dilepasliarkan ke Taman Safari," ujar Makmur.

Makmur menduga satwa liar itu kemungkinan besar memiliki induk di muara sekitar Pantai Teluk Bakau, mengingat UPTD Pemadam Kebakaran sampai sejauh ini sudah menangkap dua ekor buaya di kawasan yang sama.

Pihaknya khawatir apabila tidak segera ditangkap buaya tersebut akan memangsa warga sekitar, apalagi di lokasi itu merupakan tempat masyarakat menangkap ikan dengan cara tradisional.

"Kami minta warga lebih berhati-hati saat beraktivitas terutama di tepi pantai, karena sekarang buaya ada di mana-mana, makanya tetap jaga keselamatan," ucap Makmur.

Ia turut mengimbau masyarakat segera melapor ke pihak-pihak terkait jika ditemukan keberadaan buaya di lingkungan sekitar, apalagi di tengah cuaca panas saat ini biasanya buaya naik ke bibir pantai dan berjemur di bawah sinar matahari untuk menaikkan suhu tubuhnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Petugas UPTD Damkar Toapaya Bintan tangkap seekor buaya muara

Pewarta : Ogen
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024