Tanjungpinang (ANTARA) - KPU Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pilkada serentak 2024 turun sebanyak 237 orang dibanding DPS, yaitu dari 172.419 orang menjadi 172.182 orang.

Ketua KPU Tanjungpinang Muhammad Faizal mengatakan penurunan terjadi dikarenakan masih ada sejumlah data ganda masuk dalam DPT, sehingga dilakukan pembersihan.

"Selain itu, ada juga data pemilih yang menjadi tidak memenuhi syarat (TMS) karena meninggal dunia yang disertai bukti pendukungnya," kata Faizal usai pleno penetapan DPT pilkada 2024 di Hotel Aston Tanjungpinang, Jumat.

Faizal menyebut KPU sudah menetapkan jumlah DPT pilkada 2024 sebanyak 172.182 orang yang tersebar di 323 TPS yang ada di seluruh se-Kota Tanjungpinang.

Jumlah pemilih terbanyak berada di Kecamatan Tanjungpinang Timur, karena memang jumlah penduduknya terbanyak di sana.

 Faizal menyampaikan bahwa penetapan DPT pilkada 2024 menjadi dasar bagi KPU untuk melakukan pencetakan surat suara pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang.

Ia turut menyatakan bahwa jumlah pemilih jelang pilkada 27 November 2024 di Tanjungpinang masih terus bergerak, misalnya ada proses perpindahan penduduk pindah pilih.

"Pindah pilih masih bisa masuk ke dalam DPT tambahan (DPTb)," ungkap Faizal.

Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Pemberdayaan Masyarakat (Kesbangpol Penmas) Tanjungpinang Samsudi mengatakan penetapan DPT pilkada 2024 telah dilakukan berjenjang mulai tingkat PPS, PPK hingga tingkat kota.

Ia menyebut dengan ditetapkan DPT ini, masyarakat dapat mengecek secara langsung, untuk mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

Jika belum terdaftar, masyarakat masih memiliki kesempatan supaya terdaftar sebagai pemilih dalam pesta demokrasi tersebut.

"Masyarakat harus pro aktif terhadap hak pilih, apakah sudah terdaftar atau belum bisa dicek, kalau belum terdaftar segera lapor ke KPU," kata Samsudi.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak masyarakat setempat untuk menyukseskan pilkada serentak dengan datang langsung ke TPS menyalurkan hak suaranya pada tanggal 27 November 2024.

Pilkada Tanjungpinang 2024 diikuti dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yaitu Lis Darmansyah - Raja Ariza dan Rahma - Rizha Hafiz.


Pewarta : Ogen
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024