Tim Pora cek kelengkapan dokumen kapal asing daerah perbatasan

id Tim Pora,Imigrasi Belakang Padang,Daerah perbatasan,Kepri

Tim Pora cek kelengkapan dokumen kapal asing daerah perbatasan

Tim Pora sedang melalukan pengecekan paspor milik kru kapal asing yang melintas di perairan Pulau Nipah, Kota Batam. (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Tim Pengawasan orang asing (Pora) melakukan pengecekan kelengkapan dokumen kapal-kapal asing yang melintas di wilayah perbatasan sekitar perairan Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam.

“Kegiatan ini teknisnya untuk melakukan pengecekan lalu lintas kapal asing yang melintas di sekitaran Pulau Nipah, Sambu dan sekitaran Belakang Padang,” ujar Kepala Kantor Imigrasi kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Belakang Padang Wahyu Gumilang di Batam Kepulauan Riau, Selasa.

Operasi pengawasan orang asing yang melibatkan sejumlah instansi seperti Imigrasi, TNI AL, Polri, Bea Cukai dan lain-lain ini nantinya akan melakukan pengecekan dokumen seperti paspor maupun yang lainnya.

Baca juga:
DKPP Batam temukan 62 ekor kambing ilegal di pasaran

Pencarian 7 orang PMI korban kapal karan di Batam dihentikan sementara

“Targetnya itu kita hanya mengecek kapal-kapal yang melintas di wilayah kita, apakah dokumen-dokumen yang dimiliki lengkap seperti paspor. Kemudian dari Bea Cukainya dan dari karantinanya apakah sudah memenuhi prosedur dari kapal tersebut,” kata Wahyu.

Apabila ditemukan adanya pelanggaran oleh kapal-kapal tersebut, Wahyu menjelaskan bahwa pihaknya akan menindak lanjuti sesuai dengan domain masing-masing instansi.

“Misalnya ada masalah di teknis keimigrasiannya dilanggar, itu berarti proses hukumnya ke kami. Terus ada permasalahan di Bea dan Cukai, itu pihak Bea Cukai yang akan mengurusnya. Pokoknya nanti kami serahkan ke masing-masing instansi apabila ada pelanggaran yang menyangkut ke instansi-instansi tersebut,” katanya menjelaskan.

Baca juga:
Wali Kota Batam ajak mahasiswa partisipasi tanam pohon

Pertamina bagikan 4.000 bibit ikan untuk nelayan Batam


Kegiatan tersebut menurut dia, adalah kegiatan rutin tahunan yang setiap tahun diadakan. “Biasanya awal tahun itu kami dari Tim Pora saling bertukar informasi terkait isu-isu yang terjadi di wilayah Belakang Padang dan apa yang sudah dikumpulkan itu dieksekusi, setelah itu kami laksanakan pada hari ini,” katanya lagi.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa membentuk kerja sama yang solid khususnya kepada pemangku kepentingan yang ada di Belakang Padang dalam hal bertukar informasi ataupun silaturahmi.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE