Pemkot imbau waspadai penipu catut nama Wali Kota Tanjungpinang

id Pemkot Tanjungpinang,kepri,Waspadai penipu, catut,nama wali kota

Pemkot imbau waspadai penipu catut nama Wali Kota Tanjungpinang

Foto tangkapan layar dari nomor WhatsApp penipu yang menggunakan foto profil Wali Kota Tanjungpinang Rahma. ANTARA/Nikolas Panama

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau meminta warga mewaspadai aksi penipuan yang mencatut nama Wali Kota Rahma.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Tanjungpinang Bobby Wira Satria di Tanjungpinang, Rabu mengatakan, aksi penipuan yang mengatasnamakan Wali Kota Rahma baru terungkap tadi pagi.

Penipu meminta bantuan berupa uang kepada warga.

"Ada sejumlah warga yang menghubungi kami minta klarifikasi setelah mendapat pesan dari nomor WhatsApp. Nomor WhatsApp tersebut menggunakan foto profil Bu Wali Kota," katanya.

Bobby menegaskan bahwa nomor WhatsApp yang digunakan tersebut bukan milik Rahma. Foto Rahma diambil di google, kemudian dijadikan sebagai foto profil WhatsApp untuk meyakinkan korban.

"Upaya penipuannya sudah nampak jelas. Kami belum dapat informasi apakah sudah ada korban yang mengalami kerugian materi atau tidak," ujarnya.

Jajaran Pemkot Tanjungpinang menyebarluaskan nomor WhatsApp tersebut sampai ke tingkat RT untuk mencegah korban penipuan. Sejumlah RT pun menyebarkan informasi tersebut kepada warganya melalui grup WhatsApp.

"Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mendeteksi dan mengidentifikasi pelaku kejahatan siber tersebut," ucapnya.

Bobby menegaskan pihaknya melanjutkan permasalahan itu secara hukum bila ada korban yang dirugikan dari aksi penipuan tersebut.

Ia mengimbau warga untuk menginformasikan kepadanya bila menjadi korban penipuan tersebut.

"Ya, pasti ditempuh jalur hukum untuk melindungi warga jika sudah ada korban," ujarnya.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE