Mensos Tri Rismaharini siapkan tenda istirahat ribuan korban gempa Cianjur

id Kemensos, mensos risma, gempa cianjur

Mensos Tri Rismaharini siapkan tenda istirahat ribuan korban gempa Cianjur

Menteri Sosial Tri Rismaharini menginstruksikan jajaran Kementerian Sosial untuk membangun velbed bagi kebutuhan korban gempa di RSUD Sayang, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022 (ANTARA/Devi Nindy)

Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini mempersiapkan tenda istirahat bagi ribuan korban gempa di Kabupaten, Cianjur, Jawa Barat, untuk mengantisipasi adanya gempa susulan yang dapat membahayakan warga.

"Kita siapkan untuk sementara warga yang bangunannya roboh dan untuk keamanan warga maka kita siapkan untuk tempat istirahat mereka, kita siapkan tenda-tenda," ujar Mensos Risma di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Selasa.

Saat ini, Kementerian Sosial menyiapkan sekitar 1.000 tenda besar di tujuh kecamatan terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.

Mensos Risma juga membawa bantuan makanan siap saji, dan mengaktivasi Taruna Siaga Bencana untuk membentuk dapur umum.

"Yang berikutnya saya akan coba ke RS, saya akan komunikasi dengan pejabat untuk penyiapan santunan korban dan juga untuk kedaruratan ke depan penyiapannya," kata Mensos Risma.

Bantuan Kemensos disebar ke tujuh kecamatan terdampak, guna memenuhi kebutuhan penyintas yang sedang kesulitan air serta sanitasi.

Mensos Risma menyiapkan tangki air dan tandon untuk penampungan air.

Sementara itu, sejumlah relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten dan Kota Sukabumi, Jawa Barat diterjunkan ke Kabupaten Cianjur, Jabar untuk membantu penanganan pascagempa.
 
"Kami mengirim tujuh personel ke Kabupaten Cianjur yang beberapa diantaranya merupakan tenaga medis serta mengerahkan armada ambulans," kata Ketua PMI Kabupaten Sukabumi Hondo Suwito di Sukabumi pada Selasa.
 
Menurut Hondo, untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak pascagempa, pihaknya sudah membagi tim untuk melakukan berbagai aksi kemanusiaan di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.
 
Relawan yang ditugaskan ke Cianjur, sudah berkoordinasi dengan pihak PMI Kabupaten Cianjur agar aksi kemanusiaan yang dilakukan di lokasi bencana terarah.

"Para relawan sudah diberangkatkan sejak Senin sore ke Cianjur dan saat tengah bertugas membantu evakuasi dan memberikan pertolongan pertama kepada korban bencana," katanya.
 
Sementara, Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo mengatakan pihaknya mengirimkan sebanyak 15 personilnya sebagai bentuk dukungan dan bantuan kemanusiaan untuk ikut menanggulangi bencana gempa yang meluluhlantakkan sebagian wilayah Cianjur.
 
Personil yang dikirim ke lokasi gempa di Cianjur dilengkapi dengan helm resque, tas kit pertolongan pertama, perlengkapan medis lapangan, tandu, kantong mayat dan peralatan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga mengerahkan ambulans dan mobil bak terbuka untuk membantu proses evakuasi korban
 
"Personil yang diberangkatkan ke Cianjur sebelumnya juga sudah melakukan assessment di wilayah Kota Sukabumi. Di Markas PMI Kota Sukabumi pun tetap ada relawan yang bersiaga untuk membantu warga yang terdampak gempa," katanya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mensos siapkan tenda istirahat ribuan korban gempa Cianjur

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE