BKKBN perkuat tim pendamping ibu hamil dan setelah melahirkan di Bintan

id Penguatan tim pendamping keluarga,bkkbn,kepri, kepulauan riau

BKKBN perkuat tim pendamping ibu hamil dan setelah melahirkan di Bintan

BKKBN gelar pertemuan intensifikasi pendampingan ibu hamil dan pasca melahirkan yang dihadiri sebanyak 30 orang tim pendamping keluarga (TPK) di Kabupaten Bintan, Kepri, Rabu (15/3/2023). (ANTARA/HO-Humas BKKBN Kepri)

Bintan (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Perwakilan Kepulauan Riau (BKKBN Kepri) memperkuat tim pendamping keluarga (TPK) melakukan pendampingan ibu hamil dan setelah melahirkan di Kabupaten Bintan

Upaya itu dilakukan melalui pertemuan intensifikasi pendampingan ibu hamil dan pasca melahirkan yang dihadiri sebanyak 30 orang tim pendamping keluarga (TPK) di Kabupaten Bintan, Rabu. Kegiatan juga dihadiri Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN RI, Bonivasius Prasetya Ichtiarto.

"Tujuannya untuk meningkatkan akses informasi dan pelayanan keluarga berisiko stunting dengan sasaran prioritas calon pengantin, ibu hamil, ibu pascapersalinan, dan balita usia 0-59 bulan,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kepri Rohina di Bintan.

Rohina mengatakan TPK adalah kelompok yang terdiri dari bidan, kader TP PKK dan kader keluarga berencana (KB) desa yang melaksanakan pendampingan melalui serangkaian kegiatan seperti penyuluhan, fasilitasi pelayanan rujukan dan fasilitas bantuan sosial, untuk mendeteksi dini faktor resiko stunting.

Baca juga:
BKKBN ajak Pemkot Tanjungpinang cegah nikah dini

BKKBN canangkan Kampung KB dan DASHAT di Tanjungpinang


Ia menyebut dengan adanya pertemuan intensifikasi itu, para TPK diharapkan mampu menjelaskan tugas, fungsi, cara melakukan pendampingan, cara melakukan fasilitasi pelayanan rujukan dan fasilitas bantuan sosial serta menjelaskan pencatatan dan pelaporan.

“Tugas khususnya ada tiga, yaitu screening tiga bulan untuk calon pengantin,, pendampingan pada semua ibu hamil dan asuhan pascapersalinan serta asuhan bayi baru lahir,” ujarnya.

Lanjut Rohina menyampaikan BKKBN telah membentuk sebanyak 1.163 TPK yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Kepri. Adapun tugas dari para kader TPK ini, yaitu mendampingi para calon pengantin, ibu hamil dan ibu usai melahirkan.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE