326 orang keracunan makanan di acara reses anggota DPRD Cimahi

id cimahi,keracunan makanan,dinas kesehatan cimahi,puskesmas padasuka,cimahi jawa barat,Pemkot Cimahi, reses dprd

326 orang keracunan makanan di acara reses anggota DPRD Cimahi

Para pasien korban keracunan makanan tengah menjalani observasi di Puskesmas Padasuka, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (25/7/2023). (ANTARA/Ricky Prayoga)

Cimahi, Jawa Barat (ANTARA) -
Sebanyak 326 orang korban terpapar keracunan makanan dalam acara reses anggota DPRD di Cimahi Jawa Barat.

"Berdasarkan data yang kami terima ada 326 yang terdampak, dengan yang dirawat inap ada 198 orang, sementara sisanya rawat jalan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Cimahi Dwihadi Isnalini di Cimahi, Selasa.

Ia mengatakan hingga saat ini sudah ada beberapa pasien yang diperbolehkan pulang setelah menjalani perawatan di rumah sakit, namun kebanyakan masih dalam tahap penyembuhan karena masih merasakan sakit seperti mual dan muntah, kemudian demam dan sesak nafas. "Mungkin perutnya kembung hingga membuat terasa sesak" ucapnya. 

Baca juga: Legislator Cimahi siap tanggung jawab soal keracunan warga saat reses

Dwihadi memastikan seluruh pembiayaan pengobatan korban keracunan makanan ditanggung Pemkot Cimahi dengan menggunakan APBD, mengingat statusnya Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Kita mengikuti aturan yang berlaku dan kenapa pembiayaan daerah, bukan dari sumber lainnya seperti BPJS Kesehatan, karena setahu saya jika ada kejadian seperti KLB ini, tidak bisa ditanggung. Kami mempersiapkan segala sesuatunya di awal, yang penting masyarakat tertolong dulu," ucapnya.

Baca juga: 41 orang diduga keracunan usai makan soto ayam

Terkait dengan status KLB, Dwihadi mengatakan pemberlakuannya melihat perkembangan selanjutnya seperti apa. "Jadi kita pantau terus, kalau memang sudah tidak ada penambahan kasus, bisa saja kita hentikan," tuturnya.

Diketahui ratusan orang mengalami gejala serupa keracunan setelah mengonsumsi makanan dari acara reses anggota DPRD di Kelurahan Padasuka. Para korban berasal dari Kelurahan Setiamanah, Kelurahan Cimahi, dan Kelurahan Padasuka.
 
Baca juga: Puluhan ASN di Kendari diduga keracunan usai santap soto ayam




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Korban keracunan makanan di Cimahi mencapai 326 orang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE