Menpan RB sebut reformulasi seleksi PPPK bentuk afirmasi kepada honorer

id KemenPANRB,Honorer,Azwar Anas,menpan rb,Asn

Menpan RB sebut reformulasi seleksi PPPK bentuk afirmasi kepada honorer

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas (ANTARA/HO-Kementerian PANRB)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan reformulasi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) teknis adalah bentuk afirmasi yang diberikan pemerintah kepada peserta mantan tenaga honorer yang telah mengabdi selama ini.

“Setiap kebijakan yang dikeluarkan mempertimbangkan berbagai aspek yang komprehensif dan diharapkan berdampak tepat kepada seluruh pihak, tentu belum bisa menyenangkan semua pihak,” kata Azwar Anas dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan kebijakan reformulasi dalam seleksi PPPK teknis 2022 telah melalui proses pembahasan bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta instansi terkait.

Namun Azwar Anas menegaskan bahwa pada prinsipnya Kemenpan RB mengoptimalkan proses reformulasi dengan afirmasi kepada peserta eks THK-II atau peserta tenaga non-ASN atau honorer yang telah memiliki rekam jejak pengabdian di setiap instansi pemerintah.

Dia menegaskan bahwa pada prinsipnya setiap warga negara memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mengikuti seleksi CASN sepanjang memenuhi syarat.

“Teman-teman yang belum lulus, kami berharap jangan berkecil hati, masih ada seleksi tahun 2023 yang kami upayakan akan ada terobosan kebijakan dalam pengadaan ASN, termasuk dari sisi soal seleksi agar senantiasa relevan dengan perkembangan zaman dan tetap memenuhi kualifikasi kebutuhan suatu formasi,” kata dia.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB Alex Denni menjelaskan semua aspek dipertimbangkan dan dicermati dalam kebijakan reformulasi PPPK teknis.

“Pertimbangannya adalah yang pertama kita memberikan afirmasi kepada yang telah mengabdi, yaitu eks THK-II atau peserta tenaga non-ASN. Ini aspek keadilan mengingat mereka telah bekerja di instansi pemerintah,” kata dia.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menpan RB: Reformulasi seleksi PPPK bentuk afirmasi kepada honorer

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE