Gubernur Ansar ingin Kecamatan Kundur jadi sentra pertanian

id Sentra pertanian kundur,kepri, gubernur kepri,gubernur ansar, kepri, karimun, kepulauan riau, ansar ahmad

Gubernur Ansar ingin Kecamatan Kundur jadi sentra pertanian

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyerahkan bantuan pertanian di Dusun Taelong, Kecamatan Kundur Barat, Senin (18/9/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, menginginkan Kecamatan Kundur di Kabupaten Karimun, menjadi sentra pertanian sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kemandirian pangan di daerah setempat.

"Hari ini, Pemerintah Provinsi Kepri memberikan bantuan pertanian untuk meningkatkan semangat petani dan menjadikan Kundur sebagai sentra pertanian," kata Gubernur Ansar usai menyerahkan bantuan pertanian di Dusun Taelong, Kecamatan Kundur Barat, Senin.

Adapun bantuan pertanian yang diserahkan kepada 20 kelompok tani ini mencakup 80 sachet benih cabai merah, 235 sachet benih cabai merah besar, 1.500 kilogram pupuk NPK, 100 liter pupuk organik cair, 60 roll media tanam plastik mulsa, 8.960 kilogram pupuk organik untuk tanaman durian, 1.600 kilogram pupuk NPK untuk tanaman durian, serta 4.500 kilogram dolomit untuk tanaman durian.

Baca juga:
Batam Creative Festival jadi momentum promosikan produk ekonomi kreatif

Menteri Bahlil tegaskan tidak bongkar makam leluhur di Pulau Rempang


Selain itu, ada juga bantuan peternakan berupa 16 ekor bibit sapi betina dan dua ekor bibit sapi jantan.

Gubernur Ansar juga menekankan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri terus berkomitmen untuk mengembangkan berbagai produk pertanian, seperti sorgum dan ubi sebagai alternatif pangan pengganti beras.

Hal ini adalah salah satu langkah dalam menjaga ketahanan pangan dan menghindari inflasi pangan yang mungkin terjadi di Kepri.

"Saya yakin bantuan ini akan memberikan manfaat signifikan bagi para petani Kundur, menciptakan kondisi yang lebih baik, dan menjadi salah satu cara dalam membantu mengontrol inflasi pangan di Kepri," ujarnya.

Baca juga:
BPJS Kesehatan: Sebanyak 97 persen warga Batam sudah terdaftar JKN-KIS

PT Timah tanam ratusan bibit pohon buah di Karimun


Lanjut Gubernur Ansar menyatakan betapa pentingnya ketersediaan bahan pangan dari pertanian di Kepri agar inflasi dapat terus ditekan.

"Kita pastikan di Kepri, semua ketersediaan bahan pangan dari pertanian bisa terpenuhi," ucapnya.

Sementara, Bupati Kabupaten Karimun, Aunur Rofiq, mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Kepri.

Ia yakin bantuan ini akan membantu kelompok tani di wilayah Kabupaten Karimun untuk meningkatkan produktivitas pertanian mereka, dan menjadikan daerah ini lebih mandiri dalam hal ketersediaan pangan.

"Kami yakin bahwa bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mencapai kemandirian pangan di Karimun," kata Aunur Rofiq.

Baca juga:
Tim pastikan UAS tidak ditangkap polisi

Bahlil pastikan hak warga Rempang terpenuhi dan rencana investasi tetap berjalan

Begini penjelasan Menteri Bahlil terkait percepatan proyek Rempang

Menteri ATR: Warga yang direlokasi di Rempang dapat sertifikat hak milik

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE