Pengamat sebut Yusril figur bacawapres layak dampingi Prabowo

id Muhammad Al-Fatih,Yusril Ihza Mahendra, Prabowo Subianto, cawapres, Pemilu

Pengamat sebut Yusril figur bacawapres layak dampingi Prabowo

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra (kanan) dan Sekjen PBB Afriansyah Noor saat menghadiri Konsolidasi Zona 4 Pemenangan Pileg PBB dan Pemenangan Capres Prabowo Subianto di Jayapura, Papua, Sabtu (23/9/2023). (ANTARA/HO-Humas PBB)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Lembaga Riset Publik (LRP) Muhammad Al-Fatih menilai Yusril Ihza Mahendra adalah figur bakal calon wakil presiden paling mumpuni untuk mendampingi Prabowo Subianto.

“Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) yang selama ini senantiasa mendukung Prabowo, yakni Yusril Ihza Mahendra adalah figur paling tepat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan Yusril adalah seorang negarawan, intelektual, dan politisi yang pernah tiga kali menjabat menteri strategis di bawah tiga presiden berbeda. Yusril punya segudang pengalaman di dunia internasional.

Al-Fatih mengatakan peran Yusril ikut menyusun berbagai Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), memimpin delegasi Indonesia ke berbagai pertemuan internasional, dan pernah menjadi Presiden Asia-Africa Legal Consultative Organization yang berkedudukan di New Delhi.

Baca juga:
PBB pinang Gibran jadi cawapres Prabowo, begini respons PDI Perjuangan

Puan minta Kaesang menemui dirinya sebelum mengunjungi Megawati


Selain itu, Yusril sosok politisi Islam moderat yang diterima semua golongan. Ia menunjuk pernyataan almarhum Gus Dur yang pernah mengatakan bahwa kakek Yusril ialah ulama Nahdlatul Ulama (NU) kultural, meski ayah Yusril seorang Masyumi.

Karena itu, kata dia, Yusril akrab dengan amalan-amalan keagamaan yang dipraktikkan kalangan NU. Tidak heran Yusril akrab dengan keluarga Hadratusyeikh Hasyim Asy'ari, mulai dari Pak Ud, Gus Dur, dan Gus Solah.

Baca juga:
PBB pinang Gibran jadi cawapres Prabowo

Marlin: Tingkatkan kompetensi guru PAUD di Batam

 
Baznas dan Pemkot Batam serahkan bantuan pada 81 anak stunting

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat: Yusril figur bacawapres layak mendampingi Prabowo

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE