Polres Natuna tanam mangrove demi menjaga ekositem pantai

id Tanam mangrove,Polres Natuna tanam mangrove,tanam mangrove menjaga ekositem pantai,tanam mangrove jaga ekositem pantai,Natuna,Kepri,HUT Humas Polri,HU

Polres Natuna tanam mangrove demi menjaga ekositem pantai

Kasubsipenmas Sihumas Polres NatunaAjun Inspektur Polisi Dua David Arviad saat melakukan penanaman. (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Natuna, Kepulauan Riau melakukan penanaman 100 bibit mangrove di pesisir Pantai Sujung, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Kasubsipenmas Sihumas Polres Natuna Ajun Inspektur Polisi Dua David Arviad saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Batam, Jumat mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Humas Polri.

Ia menyebut penanaman itu dilakukan secara serentak oleh seluruh jajaran Kepolisian.

Adapun tujuan dari kegiatan itu adalah untuk menjaga keberlanjutan ekosistem pantai, mengingat pantai merupakan bagian penting bagi kehidupan manusia.

"Mangrove dipilih sebagai tanaman yang akan ditanam karena memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pantai," ucapnya.

Adapun peran penting mangrove bagi manusia jelas Nanang diantaramya mangrove memiliki kemampuan menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen, membantu mengurangi dampak pemanasan global dan mangrove juga dapat menjaga kestabilan pantai dengan menahan pasir dan meminimalisir erosi, serta menjadi tempat tinggal makhlul hidup lainnya.

Baca juga:
BP Batam akan siapkan sejumlah pelatihan untuk warga Rempang
Polda Kepri tanam ratusan bibit mangrove untuk penghijauan
Pemprov Kepri lakukan rasionalisasi anggaran hingga Rp80 miliar


Ia menyebut tujuan lain dari kegiatan itu adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan cara menanam mangrove agar dia bisa tumbuh dengan maksimal.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kebersamaan untuk peduli terhadap lingkungan serta mendorong partisipasi aktif dalam menjaga kelestarian alam. Dengan dilakukannya penanaman mangrove, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang sehat dan lestari untuk masa yang akan datang," ujar David.

Ia memastikan pertumbuhan dan perkembangan magrove takan terus dipantau oleh Polres Natuna.

"Tadi juga ada Babinkamtibmas setempat, nantinya mereka yang akan memantau," ucap David memastikan.

Ia menambahkan selain melakukan penanaman mangrove, dalam rangka memperingati HUT tersebut, sebelumnya Polres Natuna juga telah menggelar serangkaian kegiatan bakti sosial lainnya meliputi pembagian sembako untuk warga kurang mampu hingga donor darah untuk mencukupi stok darah di unit tranfusi darah (UTD) Natuna.

"Kami berikan bantuan sembako kesalah satu pesantren yang ada di Natuna," tambah David.

Baca juga:
Bawaslu Batam ingatkan parpol soal penggunaan APK
KLHK tetapkan nakhoda MT Arman sebagai tersangka pembuangan limbah B3 di Natuna
Pertamina tambah waktu penyaluran pasokan elpiji 3kg


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE