Pemkot segera senyempurnakan Batam Kota Cerdas

id Kepri,batam ,kota cerdas ,Kominfo,kepulauan riau

Pemkot segera senyempurnakan Batam Kota Cerdas

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam Rudi Panjaitan memimpin Rapat Persiapan Evaluasi Implementasi Kota Cerdas (Smart City) Tahap II. (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau menyegerakan penyempurnaan Batam Kota Cerdas (Smart City) dengan menggelar rapat persiapan evaluasi implementasi kota cerdas tahap II.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam Rudi Panjaitan di Batam, Selasa, mengatakan program Kota Cerdas merupakan upaya inovatif dalam menyelesaikan persoalan.

Ia menjelaskan pengembangan pemanfaatan internet sebagai penunjang pengumpulan data agar dapat mengelola aset dan potensi yang ada di Kota Batam.

"Untuk penyempurnaan Batam smart city terus digesa dan terus dikoordinasikan dengan semua OPD dan instansi terkait di Kota Batam," kata Rudi.

Baca juga:
KPU Kepri fokuskan pengiriman logistik pemilu ke pulau-pulau terluar

Bapenda Kepri sebut pemutihan pajak upaya validasi data kendaraan bermotor

Perkembangan teknologi informasi komunikasi dengan beberapa perangkat digital mampu menjadi penghubung pemerintah dan masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat cepat terlayani dan tepat sasaran.

Menurutnya, dengan konsep Kota Cerdas, pemerintah mampu memantau infrastruktur dan peristiwa secara seketika sehingga dapat dengan cepat dan tepat dalam mengambil keputusan.

"Di sisi lain, masyarakat merasakan kemudahan. Pengembangan Kota Cerdas ini diharapkan dapat menjadi wadah strategis semua pemangku kebijakan dan dapat diimplementasikan secara maksimal," ujar dia.

Rudi menyampaikan sebelumnya Kementerian Kominfo sudah memilih Kota Batam masuk dalam 50 daerah yang menerapkan program Kota Cerdas.

Baca juga:
Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Kepri mencapai Rp394 miliar

Satreskrim Polresta Barelang temukan puluhan peluru milik DPO tersangka penggelapan di Batam


Pemkot Batam telah mengikuti seleksi kota cerdas yang dilaksanakan secara administrasi, presentasi, hingga wawancara.

"Dengan proses itu, Batam masuk 1 dari 50 daerah yang menerima program ini," ujar dia.

Sejak 2017 hingga 2021, Kota Batam mendapatkan peringkat cukup baik dan mampu sejajar dengan kota utama di Pulau Jawa.

"Untuk saat ini sudah memasuki Evaluasi Implementasi Kota Cerdas (Smart City) Tahap II. Semoga dengan adanya evaluasi ini makin menyempurnakan dan penyusunan rencana utama (masterplan) Batam Smart City," kata dia.

Evaluasi ini diikuti semua OPD di lingkungan Pemkot Batam guna menindaklanjuti surat Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI Nomor: B1004/DJAI/AI.01.02/09/2023 tanggal 11 September 2023 tentang Undangan Evaluasi Tahap II Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2023.

"Sejumlah pemaparan dari OPD sudah menunjukkan kemajuan dan bahkan beberapa inovasi ada yang baru dituangkan dalam masterplan ini," demikian Rudi.

Baca juga:
Baznas Kepri salurkan beasiswa pendidikan Rp1,2 miliar pada 2023

Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Kepri mencapai Rp394 miliar

Polres Natuna siapkan sejumlah personel kawal pemilu 2024

Polresta Tanjungpinang memastikan keamanan gudang logistik Pemilu 2024

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE