Ganjar diangkat jadi warga kehormatan adat Dayak Kenyah

id Ganjar Pranowo,Pemilu 2024,Dayak

Ganjar diangkat jadi warga kehormatan adat Dayak Kenyah

Capres RI Ganjar Pranowo diangkat sebagai warga kehormatan adat Dayak Kenyah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/12/2023). ANTARA/HO-Tim Media Ganjar Pranowo.

Balikpapan (ANTARA) - Calon Presiden nomor 3 Ganjar Pranowo diangkat menjadi warga kehormatan adat Dayak Kenyah Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal itu berlangsung saat Ganjar menghadiri acara ramah tamah dengan tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh lintas agama yang ada di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/12).

Pengangkatan itu melalui proses penyematan pakaian adat Dayak Kenyah Kalimantan Timur. Ganjar diberikan berupa Rompi, Kalung manik (Uleng Inoq), Gelang Manik (Leko Inoq), Topi Kebesaran Adat (Bluko) dan Mandau (Suahpuk Sauptulang).

Pengangkatan warga kehormatan Adat Dayak Kenyah Kalimantan Timur dan penyematan pakaian itu langsung diserahkan oleh Bapak Ajang Kedung selaku Kepala Adat Besar Dayak Kenyah, Kalimantan Timur.

“Pertama penyematan prosesi pakaian adat menandakan bahwa beliau Pak Ganjar diangkat dijadikan warga kehormatan adat Dayak Kalimantan Timur. Namun di dalam hal ini kita dilakukan secara Adat Dayak Kenyah secara simbolis,” kata Ajang Kedung.

Adapun pakaian adat Dayak Kenyah Kalimantan Timur yang diberikan kepada Ganjar, mempunyai maksud tersendiri. Misalnya, Rompi Adat melambangkan Sapeikrei yaitu melindungi Ganjar dari hal-hal yang tidak baik.

 Kalung manik (Uleng Inoq) melambangkan amanah masyarakat adat kepada Ganjar Pranowo sebagai pemimpin besar dan pemimpin bangsa yang amanah.

Untuk Gelang Manik (Leko Inoq), melambangkan ikatan kekeluargaan. Selanjutnya Topi Kebesaran Adat (Bluko) melambangkan bahwa Ganjar sebagai pemimpin besar yang menerima amanah dari para tokoh adat yang memegang teguh adat istiadat dari orang-orang tua dan para leluhur.

Selain itu, Mandau (Suahpuk Sauptulang) melambangkan kekuatan dalam melaksanakan tugas amanah dengan berani dengan berpegang teguh pada petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar diangkat jadi warga kehormatan adat Dayak Kaltim

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE