Prabowo beri nilai 9,9 untuk Gibran di debat Pilpres 2024

id Debat ,Gibran Rakabuming Raka ,Prabowo Subianto,debat pilpres 2024,Pilpres

Prabowo beri nilai 9,9 untuk Gibran di debat Pilpres 2024

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (kanan) didampingi calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka (kiri) berjalan memasuki ruangan saat tiba di Jakarta Convention Center (JCC) untuk mengikuti debat perdana cawapres Pemilu 2024 di Jakarta, Jumat (22/12/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.

Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengaku bangga pada penampilan Gibran Rakabuming Raka dalam debat kedua Pilpres 2024 yang berlangsung di Jakarta, Jumat malam.
 
"Saya sangat bangga tadi, kalau saya seorang guru yang memberi nilai 9,9 dan menurut saya ini objektif," kata Prabowo di Jakarta, Jumat.
 
Menurut Prabowo, Gibran telah memberikan argumentasi yang tepat dalam menjawab setiap pertanyaan panelis.
 
Dia pun memuji gagasan dari pasangan calon lain yang dianggap positif serta bertujuan untuk membangun bangsa. Prabowo yakin kehadiran Gibran dapat menjadi perwakilan anak muda dalam memajukan bangsa.

Baca juga:
KPU bakal tegur lagi Gibran soal ajakan bersorak di debat kedua
 
"Nanti generasi penerus generasi muda akan lewat menuju Indonesia emas Indonesia hebat Indonesia adil dan makmur, selamat mas Gibran," kata dia.
 
Sebelumnya, dalam beberapa sesi Gibran sempat beradu argumentasi dengan calon wakil lain. Salah satu yang menjadi sorotan adalah perdebatan dengan Muhaimin Iskandar ketika membahas pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
"Saya ingat sekali Gus Muhaimin ini dulu sempat meresmikan dan potong tumpeng di IKN. Ini gimana gak konsisten. Dulu mendukung sekarang gak mendukung karena jadi calon wakilnya pak Anies yang mengusung perubahan," kritik Gibran.
 
Gibran juga sempat melayangkan pertanyaan soal SGIE kepada Muhaimin Iskandar yang pada awalnya tidak bisa dijawab ketua umum PKB itu.

Baca juga:
Hari ke-25 kampanye, Prabowo-Gibran bersiap untuk ikuti debat kedua
 
Sementara itu, Pengamat politik Universitas Jember Dr. Muhammad Iqbal menilai bahwa calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka lebih siap dalam debat dibandingkan kedua cawapres lainnya, namun pernyataannya masih sarat problematik.

"Gibran sudah seharusnya melahap tema seputar ekonomi karena posisinya saat ini. Berdasarkan tema itu, debat bisa dimenangkan oleh cawapres nomor urut dua," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu dini hari.

Sementara cawapres Muhaimin Iskandar keluar diksi slepetan licin, tapi namanya jadi slepetnomics, sedangkan cawapres Mahfud Md terkesan tidak bisa keluar dari zona hukum untuk membahas tema debat ekonomi kerakyatan tersebut.

"Terpenting dikritisi adalah semua retorika dan gaya debat Gibran terlihat memang lebih siap daripada Muhaimin dan Mahfud, tetapi semua substansi-nya sangat problematik, karena retorika-nya sarat informasi kebijakan yang distortif," tuturnya.

Pengajar di FISIP Unej itu menilai justru substansi gagasan cawapres nomor urut satu memang paling terukur dan realistis, sedangkan cawapres Mahfud Md masing sangat normatif.

"Gibran sepertinya menyiapkan diri dengan misi terkesan hanya untuk mempermalukan lawan debat. Terpenting lagi, hampir semua substansi argumen yang dilontarkan sesungguhnya sarat problematik dan distortif," ucapnya.

Baca juga:
Ini harapan Presiden Jokowi di debat cawapres

Anies yakin pengalaman panjang Muhaimin jadi amunisi untuk debat

Soal debat cawapres, Mahfud Md: Rajin baca isu ekonomi di koran


 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo beri nilai 9,9 bagi Gibran setelah debat Pilpres 2024

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE