KPU bakal tegur lagi Gibran soal ajakan bersorak di debat kedua

id KPU RI,Hasyim Asy'ari,Gibran Rakabuming Raka,Pilpres 2024,Pemilu 2024,Debat Cawapres,Pilpres

KPU bakal tegur lagi Gibran soal ajakan bersorak di debat kedua

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 diikuti tiga cawapres yang mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom

Jakarta (ANTARA) - KPU akan kembali menegur calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka terkait gesturnya yang mengajak pendukung bersorak saat debat kedua Pilpres 2024 di Jakarta, Jumat malam.

"Ya, nanti kita ingatkan lagi, kita tegur lagi pada evaluasi hasil debat yang kedua ini," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Hasyim Asy'ari usai debat.

Ia mengungkapkan bahwa ada pertemuan lanjutan antara KPU dengan tim pasangan capres-cawapres. Nantinya, setiap pasangan calon dapat mengajukan sejumlah catatan evaluasi.

Menurut Hasyim, KPU akan mengambil keputusan terkait hal-hal yang perlu dievaluasi. KPU juga akan memperingatkan kembali penampilan yang sudah disepakati untuk tidak dilakukan lagi.

Baca juga:
Hari ke-25 kampanye, Prabowo-Gibran bersiap untuk ikuti debat kedua


Ia menegaskan setiap pasangan capres/cawapres sudah berkomitmen untuk tidak melanggar kesepakatan. Bila ada yang melanggar, Hasyim pun menyatakan bahwa setiap pasangan capres/cawapres sudah dewasa.

"Sebetulnya ini kan komitmen ya, komitmen antarcalon dan kami menganggap masing-masing calon kan orang yang secara politik sudah dewasa semua tentang apa yang sudah disepakati itu," pungkasnya.

Gibran Rakabuming Raka tampak menampilkan kembalikan gestur yang mirip saat debat perdana capres di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12) malam.

Pada saat segmen dua debat cawapres selesai, Gibran mengarahkan diri ke para pendukungnya sambil mengangkat kedua tangannya dari bawah ke atas. Gestur Gibran itu tampak disambut riuh para pendukungnya.

Baca juga:
Pengalaman jadi kepala daerah modal Gibran untuk debat


Pada Kamis, 14 Desember 2023, KPU RI telah menegur Gibran terkait sikap yang ditunjukkan saat debat capres perdana.

Teguran senada juga sekaligus disampaikan KPU kepada tim pasangan calon nomor urut 1 dan 3 supaya hal itu juga nantinya tak terulang pada debat berikutnya.

Baca juga:
Bawaslu Jakarta Pusat siap panggil Gibran terkait bagi-bagi susu di HBKB

Gibran jadi yang pertama paparkan visi misi pada debat Pilpres 2024

Anies yakin pengalaman panjang Muhaimin jadi amunisi untuk debat

 Usai "diejek" Alam, begini tanggapan Ganjar



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU akan tegur lagi Gibran soal ajakan bersorak saat debat kedua

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE