Pemkab Natuna anggarkan Rp1,2 miliar untuk pengadaan bibit sapi di 2024

id Bibit Sapi

Pemkab Natuna anggarkan Rp1,2 miliar untuk pengadaan bibit sapi di 2024

Ilustrasi bibit sapi (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau, menganggarkan Rp1.2 miliar dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 untuk pengadaan bibit sapi.
 
Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Natuna Zulfikar di Natuna, Jumat, menyebut kegiatan pengadaan bibit sapi akan dimulai pada pertengahan 2024.
 
"Antara Mei, Juni atau Juli, dari APBD, sekitar Rp1,265 miliar," ucap dia.
 
Kata dia, bibit sapi tersebut akan diberikan kepada kelompok yang terdata di Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (Simluhtan).
 
Ia memastikan bibit sapi yang diberikan nantinya merupakan bibit dengan kualitas baik dan sehat.
 
"Bibit sapi yang akan kami beli sekitar 60 ekor dan akan kami berikan pada kelompok yang mengajukan pada tahun lalu," ujar dia.
 
Ia menjelaskan sebelum memberikan bibit ke kelompok yang mengajukan proposal, pihaknya akan turun ke lapangan guna memastikan bahwa para penerima layak untuk mendapatkan bantuan.
 
Hal itu dilakukan agar bantuan tepat sasaran, pasalnya bantuan yang diberikan bersifat bergulir, dimana setiap sapi yang sudah melahirkan anak akan diberikan kepada anggota kelompok lainnya.
 
"Kami cek dulu, apakah mereka ada lahan untuk sapi itu, apakah mereka benar-benar bisa berkomitmen, kami lihat juga apakah mereka memiliki pengalaman atau tidak," kata dia.
 
Ia berharap bantuan tersebut bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan ekonomi.
 
"Sudah lama kami tidak mengadakan bibit sapi," ungkap dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE