Pemkab Natuna tetapkan DBD sebagai KLB

id DBD,Fogging,kepri,natuna,peristiwa,sakit,virus

Pemkab Natuna tetapkan DBD sebagai KLB

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Provinsi Kepulauan Riau menetapkan kasus demam berdarah dengue (DBD) di daerah itu berstatus kejadian luar biasa (KLB) guna mengintensifkan penanganan kasus tersebut.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah di Natuna, Sabtu, mengatakan penetapan itu menyusul banyak masyarakat terserang penyakit tersebut.
 
"Total penderita sejak awal Januari hingga sekarang sekitar 38 orang, tapi sudah banyak yang sembuh," ucap dia.
 
Ia menjelaskan penetapan KLB DBD mengacu pada aturan dikeluarkan Kementerian Kesehatan.
 
"Untuk penetapannya kita mengacu pada jumlah penderita, misalnya jika tahun sebelumnya tidak ada penderita dan kemudian tahun sekarang ada meskipun hanya satu kasus maka bisa ditetapkan sebagai KLB dan jika kita lihat untuk tahun ini jumlah penderita lebih banyak dari tahun sebelumnya," ujar dia.
 
Dengan ditetapkan kasus DBD menjadi KLB, katanya, maka penanganan yang dilakukan akan lebih serius.
 
"Nanti bupati akan mengeluarkan surat edaran agar pemerintah kecamatan, kelurahan, dan desa bisa mengajak masyarakat untuk gotong royong," kata dia.
 
Untuk daerah dengan warga pernah terserang penyakit, kata dia, akan diberikan penanganan khusus dengan melakukan penelitian epidemiologi.

Ia menjelaskan penelitian ini untuk mengetahui penyebab yang pasti tentang warga di daerah tersebut yang terserang DBD.

Jika penyakit tersebut disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti maka akan dilakukan pengasapan dan pembersihan tempat yang berpotensi menjadi wadah nyamuk itu berkembang biak.
 
Uji epidemiologi tersebut, katanya, dilakukan dalam radius 100 meter dari tempat kasus dilaporkan terjadi, sedangkan pengasapan dilakukan dalam radius tersebut.
 
Menurut dia, pemberantasan jentik hal yang penting, sedangkan pengasapan merupakan upaya lanjutan, setelah adanya uji epidemiologi dilakukan oleh para ahli.
 
"Kita harus cari tahu penyebabnya, pasalnya jika kita langsung lakukan fogging (pengasapan) jentik dan nyamuk berpotensi menjadi kebal," kata dia.

Baca juga:
Kemenag Kepri ajak pelajar dan mahasiswa terapkan sikap moderasi beragama

Pembebasan lahan untuk hunian baru warga Rempang Batam sudah 90 persen

Ini daftar 45 caleg lolos ke DPRD Kepri berdasarkan hasil rekapitulasi suara

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE