Presiden Joko Widodo resmikan pabrik minyak makan merah di Sumatera Utara

id presiden joko widodo,jokowi,pabrik minyak makan merah,presiden RI,kunjungan kerja,sumatera utara,sumut,pabrik minyak,peresmian pabrik minyak,baznas,ke

Presiden Joko Widodo resmikan pabrik minyak makan merah di Sumatera Utara

Presiden Joko Widodo saat tiba di Sumatera Utara, Kamis (14/3/2024). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik minyak makan merah pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Kamis.

Dibangunnya pabrik minyak makan merah diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi para petani sawit yang memiliki sekitar 6,2 juta hektare kebun kelapa sawit di seluruh Indonesia.

“Kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri, jadi harga TBS (tandan buah segar) tidak naik dan turun karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi yaitu minyak makan merah,” ujar Jokowi dalam acara peresmian pabrik tersebut.

Presiden menyebut harga minyak makan merah lebih murah daripada minyak goreng lain di pasaran, sehingga ia meyakini minyak makan merah bisa bersaing di pasar dengan harganya yang kompetitif.

Selain itu, minyak makan merah memiliki keunggulan lain yakni zat-zat nutrien yang tidak hilang ketika digunakan untuk menggoreng bahan makanan.
 

“Di sini vitamin A, vitamin E, dan nutrien-nutrien lain masih ada di minyak yang dipakai untuk menggoreng apa pun. Ini sudah dicoba oleh beberapa chefs, dan mereka menyampaikan ‘Pak minyak makan merah ini beda. Lebih enak dan dicek gizinya lebih baik’”, tutur Jokowi.

Dengan demikian, Presiden mengimbau masyarakat agar mulai membeli dan mencoba mengonsumsi minyak makan merah dari pabrik Pagar Merbau yang memiliki kapasitas pengolahan 10 ton minyak sawit mentah (CPO) per hari, dan mampu menghasilkan kurang lebih 7 ton minyak per hari.

“Ini bukan jumlah yang sedikit, jumlahnya banyak, artinya memang harus banyak (masyarakat) yang beli sehingga kita harapkan ini akan memberikan nilai tambah yang baik,” katanya.

Presiden Jokowi pun menegaskan dukungannya terhadap kehadiran pabrik minyak makan merah, yang dinilainya turut menyokong hilirisasi industri di Indonesia.

“Ini lah yang namanya hilirisasi. Jangan jual TBS, jangan jual CPO, kalau bisa jadikan barang-barang jadi seperti ini. Ini bagus sekali,” tutur dia.


Baca juga:
BP Batam pamerkan keunggulan Batam di Singapura

Tempat hiburan malam di Batam langgar aturan operasional saat Ramadhan

Wagub Kepri siap maju jadi calon Wali Kota Batam

 

Sebelumnya diberitakan Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Widodo, bertolak ke Sumatera Utara, Kamis, untuk melakukan kunjungan kerja.

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, Kepala Negara bersama rombongan lepas landas sekitar pukul 07.15 WIB melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Tampak melepas keberangkatan Presiden yaitu Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

Sebelumnya pada Rabu, Presiden telah melakukan kegiatan di Jakarta, salah satunya menggelar rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta untuk membahas sejumlah hal dengan para menteri.

Presiden juga melakukan penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), bersama-sama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Baca juga:
DPRD Kepri setujui usulan ranperda pemberantasan narkotika

Pemkab Natuna terima usulan pemekaran kecamatan

Polresta Barelang terima penghargaan atas penangkapan buronan Interpol Yusuke Yamazaki


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi resmikan pabrik minyak makan merah di Sumatera Utara

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE