Penutupan Bandara Sam Ratulangi kembali diperpanjang hingga Kamis siang

id bandara samrat, manado, sulut, diperpanjang, abu vulkanik, gunung ruang

Penutupan Bandara Sam Ratulangi kembali diperpanjang hingga Kamis siang

Pesawat yang berada di parkiran Bandara Samrat penuh dengan abu vulkanik Gunung Ruang, di Manado, Rabu (1/5/2024). ANTARA/Nancy L Tigauw.

Manado (ANTARA) - GM Bandara Sam Ratulangi Maya Damayanti, mengatakan, penutupan Bandara Samrat diperpanjang hingga Kamis (2/5) siang.

"NOTAM Bandara Sam Ratulangi Manado tutup sampai tanggal 02 Mei 2024, pukul 12.00 WITA, dikarenakan abu vulkanik Gunung Ruang," kata Maya di Manado, Rabu (1/5).

Maya mengatakan semburan abu vulkanik masih cukup banyak dan akan sangat berbahaya bagi penerbangan.

"Kami tidak akan mengambil risiko, sehingga penutupan bandara harus diperpanjang," kata dia.

Dia menjelaskan setiap jam pihaknya melakukan pemantauan lewat paper test, apakah masih ada abu vulkanik di seputaran Bandara Samrat atau tidak.

"Masyarakat harus tahu, abu vulkanik akan sangat berbahaya bagi mesin pesawat dan perangkat lainnya," kata dia.

Sehingga, jika harus dipaksakan terbang, maka dikhawatirkan pesawat bisa mengalami mesin mati dan akan membahayakan keselamatan penumpang.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) resmi menetapkan status Gunung Ruang naik menjadi Level IV (Awas) dari sebelumnya berada pada Level III atau Siaga.

Peningkatan status dilakukan setelah gunung stratovolcano itu kembali meletus dan mengeluarkan kolom erupsi yang disertai suara gemuruh dan gempa yang dirasakan secara terus menerus pada Selasa (30/4) pagi.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bandara Samrat: Penutupan diperpanjang hingga Kamis siang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE