DKPP Bintan fasilitasi ketersediaan hewan kurban

id Hewan kurban di bintan,hewan kurban,Bintan, Kepri

DKPP Bintan fasilitasi ketersediaan hewan kurban

Tim Karantina Pertanian memeriksa hewan kurban jelang hari raya Idul Adha 2024 di Wilayah Pulau Bintan, Kepri. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) membantu memfasilitasi ketersediaan hewan kurban hari raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Dalam pemenuhan ketersediaan hewan kurban, DKPP melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memfasilitasi ketersediaan hewan kurban," kata Kepala DKPP Bintan Sri Heny Utami, Sabtu.

Menurutnya bentuk pelayanan fasilitasi ketersediaan hewan kurban, antara lain melakukan pelayanan pengobatan jika ada hewan sakit, melakukan pembinaan peternak, dan membantu memberikan rekomendasi pemasukan hewan kurban dari luar Kabupaten Bintan melalui pejabat otoritas veteriner (POV).

"Kami pastikan hewan kurban aman dan sehat untuk dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Otoritas Veteriner Kabupaten Bintan Iwan Berri Prima yang juga Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP menyampaikan ketersediaan hewan kurban tahun ini mencukupi yang tersebar di tujuh kecamatan setempat, sehingga meminta masyarakat tidak perlu khawatir.

"Jumlah ini bisa terus bertambah seiring dengan mendekati hari pelaksanaan pemotongan kurban," katanya.

Untuk menambah ketersediaan hewan kurban di lokal, kata dia, DKPP Bintan juga memberikan rekomendasi pemasukan dari luar Bintan. Jumlah ternak yang diberikan rekomendasi hingga 23 Mei 2024 ini sebanyak 237 ekor sapi dan 426 ekor kambing.

Pemasukan hewan dari luar berkoordinasi dengan Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Provinsi Kepri. Hewan yang masuk ke Bintan adalah hewan yang sehat dan telah dilakukan pemeriksaan laboratorium, terutama untuk penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyakit Jembrana untuk sapi Bali.

Selanjutnya, pihaknya juga mengimbau masyarakat jangan memasukkan hewan secara ilegal.

"Mari kita jaga Bintan untuk tetap bebas penyakit hewan menular, jika ada hewan yang sakit. Silakan hubungi dokter hewan dan petugas paramedik veteriner di lapangan," ujarnya.

Ketersediaan hewan kurban di Bintan per Kamis 23 Mei 2024 sebanyak 1.342 ekor, terdiri atas sapi 890 ekor dan kambing 452 ekor

Sementara pemotongan hewan kurban di Bintan tahun 2023 sebagaimana laporan dari Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (Isikhnas) sebanyak 583 ekor, meliputi sapi 345 ekor dan kambing 238 ekor.

"Adapun estimasi kebutuhan hewan kurban tahun 2024 ini kemungkinan ada kenaikan sepuluh persen dari tahun lalu," kata dia.

DKPP mengimbau masyarakat untuk mencari hewan kurban di peternak Bintan, karena ketersediaan hewan kurban di peternak Bintan mencukupi dan harganya pun relatif terjangkau.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE