KPU Kepri ajak AJI bersama-sama kawal Pilkada 2024

id KPU ajak media kawal pilkada kepri,KPU Kepri ajak media,ajak media kawal Pilkada 2024,KPU Kepri ajak kawal Pilkada 2024,Sekretariat Aliansi Jurnalis I

KPU Kepri ajak AJI bersama-sama kawal Pilkada 2024

KPU Kepri berkunjung ke Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang Jalan Di Pandjaitan, Kilometer 9, Jumat (7/6/2024). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Indrawan Susilo Prabowoadi mengajak media di daerah itu untuk bersama-sama mengawal sekaligus menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

"Rekan-rekan media melalui pemberitaannya berkontribusi besar dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada Kepri 2024," kata Indrawan saat berkunjung ke Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang Jalan Di Pandjaitan, Kilometer 9, Jumat.

Indrawan menyampaikan kunjungan tersebut bertujuan menjalin silaturahmi dengan awak media atau jurnalis, khususnya yang tergabung di dalam kepengurusan AJI Tanjungpinang.

Ia pun mengapresiasi kontribusi positif AJI Tanjungpinang karena telah mengawal pemberitaan pada setiap tahapan Pemilu maupun menjelang Pilkada tanggal 27 November 2024.

Menurutnya, pemberitaan yang disajikan para jurnalis di AJI Tanjungpinang sangat membantu KPU dalam menyosialisasikan sekaligus mengedukasi masyarakat supaya menggunakan hak pilihnya di Pemilu maupun Pilkada Kepri 2024.

"Di sisi lain, kami juga tidak alergi kritik atau saran dari AJI sebagai salah satu fungsi kontrol terhadap penyelenggara Pemilu (KPU)," ujarnya.

Mantan Komisioner Bawaslu Kepri itupun berkomitmen melibatkan AJI Tanjungpinang dalam beberapa kegiatan menjelang Pilkada 2024, misalnya terkait sosialisasi kepemiluan kepada masyarakat.

"Termasuk bekerja sama melalui program-program pelatihan jurnalistik untuk staf KPU, seperti menulis, fotografi hingga videografi," katanya.

Sementara, Ketua AJI Tanjungpinang Jailani mengapresiasi kunjungan Ketua KPU Kepri dan jajaran di sekretariat AJI setempat.

Jailani menyebut bahwa pers sebagai pilar demokrasi keempat di tanah air, tidak bisa lepas dari kontestasi pesta demokrasi Pemilu atau Pilkada.

Menjelang Pilkada 2024, kata dia, tugas pers tetap mengacu pada masalah penyebaran informasi, pengawasan, pendidikan, dan hiburan.

Salah satu fokus AJI Tanjungpinang ialah bagaimana mencegah beredarnya informasi-informasi hoaks menjelang Pilkada 2024 di tengah gempuran era digitalisasi.

"Intinya, kami di AJI siap bekerja sama dengan KPU dalam rangka mewujudkan Pilkada 2024 berjalan dengan lancar, damai, serta jujur," ujar Jailani.

Selain itu, lanjut Jailani, AJI Tanjungpinang juga sangat terbuka bekerja sama dengan KPU Kepri untuk mengadakan kegiatan-kegiatan pelatihan jurnalistik kepada staf KPU dalam menyambut Pilkada 2024.

Apalagi pengurus AJI memiliki anggota yang mumpuni di bidang jurnalistik, mulai dari menulis berita online/cetak/radio, fotografi serta videografi.

"Kami juga memastikan para anggota AJI selalu mengedepankan etika pada saat melakukan tugas-tugas jurnalistik di lapangan," demikian Jailani.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE