Pemprov Riau semai garam di langit

id BPBD Riau

Pemprov Riau semai garam di langit

Aktivitas sebuah pesawat saat melakukan proses penyemaian garam di langit untuk mencegah karhutla di Riau. dok.ANTARA.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau telah melakukan penyemaian garam sebanyak 6.400 kg di langit melalui Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau program hujan buatan, untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Hujan buatan tersebut sudah berjalan selama dua periode di Riau dan saat ini sudah memasuki periode kedua setelah periode TMC pertama digelar saat kedatangan Presiden Joko Widodo pada 1 Juni 2024, peringatan Hari jadi Pancasila, di Dumai.

"Kini TMC masih jalan, dan saat ini sudah masuk periode kedua, kalau periode pertama waktu kunjungan Pak Presiden Joko Widodo ke Riau pada 1 Juni 2024 itu," kata Kalaksa BPBD Riau, M Edy Afrizal, Sabtu.

Menurut Edy Afrizal untuk TMC periode kedua ini dijadwalkan masih akan berlangsung hingga 1 Juli 2024 sebagai upaya pencegahan kebakaran di kabupaten dan kota se-Riau.

TMC sudah disemai sebanyak 6.400 Kg, namun kini masih ada stok garam untuk disemai lagi sebanyak 8.000 Kg.

"TMC akan terus dilakukan kendati di Riau kini nihil karhutla. Kebakaran terakhir di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak kemarin. Tapi sudah padam, karena kemarin tinggal pendingin dan ditambah lagi hujan Jumat (21/6/2024) malam," katanya.




 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE