KPU Bintan minta Roby-Deby perbaiki berkas syarat pencalonan

id Pilkada bintan 2024,kpu

KPU Bintan minta Roby-Deby  perbaiki berkas syarat pencalonan

Arsip - Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bintan Roby Kurniawan-Deby Maryanti saat menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD RAT Kepri, Minggu (2/9/2024). ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - KPU Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau meminta bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Roby Kurniawan-Deby Maryanti memperbaiki dokumen persyaratan yang belum lengkap.

"Berdasarkan hasil penelitian berkas bapaslon Roby-Deby masih ada sekitar 11 item yang belum memenuhi syarat," kata Anggota KPU Bintan, Syamsul, Sabtu.

Syamsul menyatakan berkas persyaratan belum lengkap tersebut karena dokumen yang dilampirkan pada saat pendaftaran tidak terbaca dengan jelas, misalnya scan ijazah terpotong atau hanya sebagian sehingga perlu diperbaiki.

Baca juga: KPU Karimun tunggu para bakal paslon perbaiki berkas

Menurutnya sesuai ketentuan bahwa dokumen persyaratan yang diajukan saat mendaftar pilkada harus jelas dan bisa dibaca secara utuh.

"Selain ijazah, beberapa dokumen lainnya yang perlu diperbaiki meliputi KTP, SKCK, NPWP, hingga surat keterangan pelaporan pajak," ujar Syamsul.

Ia menyebut batas pengajuan perbaikan syarat pencalonan ke KPU Bintan sampai 8 September 2024. Setelahnya, KPU akan kembali memverifikasi dokumen perbaikan itu dan hasil verifikasi diumumkan pada 13 September 2024.

Baca juga: Rano Karno resmi mengundurkan dari anggota DPR

"KPU juga akan membuka tanggapan masyarakat terkait keabsahan berkas persyaratan bapaslon pada 15 sampai 18 September 2024," ujar Syamsul.

Bapaslon Roby-Deby menjadi calon tunggal pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bintan setelah tak ada bakal calon lain yang mendaftar hingga perpanjangan masa pendaftaran tanggal 4 September 2024.

Baca juga:
KPU Kepri bagikan kiat jadi pemilih cerdas di Pilkada 2024

KPU: Berkas tiga paslon Pilkada Karimun belum penuhi syarat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE