Polda Kepri kawal keamanan distribusi surat suara Pilkada 2024

id surat suara pilkada, pilkada serentak 2024, pilkada kepri, polda kepri, kepulauan riau, distribusi surat suara,pilkada 2024, pilkada serentak, pilkada

Polda Kepri kawal keamanan distribusi surat suara Pilkada 2024

Personel Polda Kepri mengawal dan mengamankan proses distribusi surat suara Pilkada serentak 2024 dari Pelabuhan Telaga Punggur menuju gudang KPU Kota Batam, Kamis (24/10/2024). (ANTARA/HO-Polda Kepri)

Batam (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) mengawal dan mengamankan proses distribusi surat suara Pilkada 2024 yang dikirim dari Jambi menuju gudang KPU di Batam, Kamis.

“Surat suara Pilkada wilayah Kepri sudah tiba di Pelabuhan Roro Telaga Punggur, Batam, siang tadi,” kata Kepala Bidang Humas Polda Kepri Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad.

Perwira menengah Polri itu menjelaskan, pengiriman logistik ini merupakan bagian dari persiapan distribusi surat suara ke berbagai daerah di Kepri.

Proses pengawalan serta pengamanan ini, kata dia, bagian dari Operasi Mantap Praja Seligi 2024 untuk memastikan keamanan jalannya Pilkda 2024.

“Surat suara diangkut menggunakan Kapal KMP Sembilang, berjalan dari Kuala Tungkal Jambi, menuju Pelabuhan Telaga Punggur, Batam,” katanya.

Adapun logistik surat suara itu, lanjut dia, diangkut menggunakan mobil boks colt diesel, dikawal oleh minim bus yang membawa tiga personel dan Satbrimob Polda Kepri dan satu personel Ditintelkam.

Setibanya di Pelabuhan Telaga Punggur, surat suara langsung diarahkan menuju gedung logistik KPU Kota Batam.

“Pengawalan dan pengamanan logistik surat suara ini menjadi bagian vital dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2024,” kata Pandra.

Mantan Kabidhumas Polda Lampung itu merincikan jumlah surat suara yang diterima, yakni Kota Batam sebanyak 924.994 lembar, Tanjungpinang 178.452 lembar, Kabupaten Karimun 201.452 lembar, Kabupaten Lingga sebanyak 78.076 lembar, Kabupaten Anambas 38.074 lembar. Total 1.553.133 lembar surat suara didistribusikan untuk wilayah tersebut.

“Surat suara untuk Kabupaten Natuna sebanyak 61.145 lembar sudah tiba lebih awal pada 22 Oktober di Bandara Hang Nadim,” katanya.

Surat suara untuk Kabupaten Natuna, kata dia, telah dijaga dan dikawal anggota Polres Natuna dan dikirim ke Kabupaten Natuna hari ini.

Pandra mengatakan Polda Kepri bersinergi dengan dengan KPU dan Bawaslu guna memastikan seluruh tahapan pilkada dapat berlangsung aman, lancar dan sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Pengawalan surat suara ini sangat vital, karena salah satu komponen inti dalam proses pilkada. Setiap pengiriman surat suara diawasi ketat oleh personel yang terlatih, guna mencegah segala potensi gangguan dan ancaman,” katanya.

Menurut dia, distribusi surat suara yang aman dan tepat waktu menjadi prioritas Polda Kepri, mengingat pentingnya menjaga kepercayaan publik terhadap proses demokrasi yang sedang berjalan.

“Dengan pengawalan ketat dan transparan diharapkan seluruh rangkaian Pilkada 2024 dapat terlaksana tanpa hambatan,” ujar Pandra.

Baca juga: KPU Batam terima 922.994 surat suara pilkada

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE