Pemkab Natuna Segera Bangun Pabrik Kelapa Sawit Mini

id Pemkab Natuna, Segera Bangun, Pabrik, Kelapa, Sawit Mini, Zam Jambak

Natuna (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Natuna segera membangun pabrik pengolahan kelapa sawit mini di SP II, kecamatan Bunguran Tengah. Pembangunan pabrik ini dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta pemanfaatan buah kelapa sawit yang sudah di tanam di sejumlah kawasan di Natuna.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kabupaten Natuna, Chaidir Char, mengatakan, setelah 16 tahun tidak diperhatikan oleh pemerintah pusat, akhirnya Pemkab Natuna mengambil inisiatif untuk membangun pabrik pengolahan kelapa sawit mini bagi warga transmigran daerah tersebut.

Menurut Chaidir, sejak keberadaan transmigran di daerah Bujnguran Tengah itu, para petani kebingungan menyalurkan  hasil panennya. Akibatnya hasil panen yang didapat kurang memuaskan, karena kualitas dan mahalnya biaya transportasi untuk menjual keluar daerah.

"Saya prihatin melihat kondisi petani. Sampai saat ini mereka tidak sejahtera, tidak ada kemajuan. Ini sudah menjadi tugas kita untuk meningkatkan taraf hidupnya," ujar Chaidir.

Ditambahkan chaidir, saat ini proses rencana pembangunan baru tahap DED dan dalam waktu dekat akan dilakukan lelang. Sementara untuk nilai proyek pembangunan pabrik diperkirakan menelan dana 15 miliar melalui APBD tahun jamak.

"Sekarang DED sedang dikerjakan, insa Allah tahun ini harus lelang, dan tahun 2015 wajib tuntas. Program ini sudah dua tahun kita rencanakan, tapi baru tahun ini kita laksanakan. Pada tahun ini di anggarkan senilai Rp5 miliar," sambungnya.

Adapun saat ini ada 3 Desa yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang berumur 15 hingga 18 tahun, yaitu Desa Batubi Jaya, Desa Sedarat Baru dan Desa Gunung Putri, yang memiliki lahan kurang lebih 1000 hektar dan sudah menanam serta siap produksi.

Chaidir mengaku, pembangunan pabrik sawit tersebut tidak lepas dari usulan Bupati dan Wakil Bupati Natuna yang  merasa prihatin dengan kondisi kehidupan petani Batubi yang belum sejahtera.

"Kami memang cukup prihatin dengan kondisi yang ada, untuk itu Bupati dan Wakil Bupati menugaskan saya untuk melaksanakan pembangunan pabrik ini. Mudah-mudahan saja dengan dibangunnya pabrik ini akan bisa meningkatkan taraf hidup para petani sawit," pungkas Chaidir. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE