PPKI Bukukan Transaksi Rp1 Miliar

id PPKI,Transaksi,pekan,produk,kreatif,batam

Batam (Antara Kepri) - Penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Indonesia 2014 di Batam, Kepulauan Riau selama enam hari membukukan transaksi sedikitnya Rp1 miliar, kata Deputi V Menko Kesra Haswan Yunas.

"Transaksi selama PPKI 2014 sebesar Rp1 miliar, itu hanya anjungan formal PPKI, tidak termasuk bazar yang nilainya jauh lebih banyak," kata Haswan Yunas saat menutup PPKI di Batam, Kamis.

Ia mengatakan sub sektor kerajinan, fashion dan kuliner menjadi primadona dalam PPKI yang diikuti 40 anjungan dari kementerian dan pemerintahan daerah.

Selain membukukan transaksi rupiah, panitia juga mencatat pameran dan pagelaran seni PPKI dikunjungi sekitar 45.000 pengunjung dari warga Batam dan peserta Musabaqah Tilawatil Quran XXV.

Banyaknya produk kreatif yang dipamerkan dan digelarkan di PPKI menandakan Indonesia sangat kaya yang dapat menjadi modal dalam era ekonomi kreatif.

"Gagasan kreatif yang bernilai ekonomi agar terus berkembang agar makin banyak ragam, kualitas," kata dia.

Suksesnya PPKI di Batam itu juga membuktikan kualitas produk kreatif Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Sekaligus menunjukan produk kreatif memiliki peluang usaha lain.

Seperti di Batam, banyak turis datang setiap pekan, turis perlu hiburan. Hiburan ini yang menggerakan ekonomi," kata dia.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo mengatakan secara keseluruhan sebanyak 10.000-15.000 pengunjung menghadiri berbagai pameran yang disejalankan dengan PPKI, seperti bazar UKM dan Pameran Investasi Daerah.

Ia mengatakan acara itu menggerakan 40 sektor ekonomi di Batam, mulai dari tukang ojek, restoran hingga penginapan.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menobatkan dua penampil terbaik dalam pagelaran budaya, yaitu paduan suara Kepri dan Tari Zapin dari Kabupaten Karimun.

Untuk kategori anjungan berpenampilan terbaik, panitia menganugerahkan juara kepada Hijabers Riau, Kementrian Ristek, Disperindag Kepri.

Anjungan terbaik diberikan kepada Badan Litbang Pertanian, Balai Perikanan Budi Daya Laut Batam dan Kementerian Pendidikan.

Sedangkan untuk anjungan dengan nilai transaksi terbaik diberikan kepada Networking Art dan Kaligrafi, UD Barokah dan Disperindag Aceh. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE