Kodim 0317/Karimun Hijaukan Daerah Pesisir

id Kodim,0317,Karimun,Hijau,Daerah,Pesisir

Kodim 0317/Karimun Hijaukan Daerah Pesisir

Anggota TNI-Polri menanam pohon yang digelar Kodim 0317/Karimun di Pantai Indah, Tanjung Melolo, Desa Pangke, Jumat (8/12). (antarakepri.com/Nursali)

Manfaat pohon mangrove ini begitu besar, dapat mengembalikan biota laut kita
Karimun (Antara Kepri) - Komando Distrik Militer 0317/Karimun menghijaukan daerah pesisir Pantai Indah, Tanjung Melolo, Desa Pangke, Kecamatan Meral Barat melalui penanaman pohon memperingati Hari Juang Kartika 2017, Jumat, .

Hampir seluruh personel TNI AD yang bertugas di Kodim 0317/Karimun diterjunkan untuk menanam 2.000 pohon bakau di pantai tersebut, dibantu secara sukarela oleh masyarakat setempat.

"Manfaat pohon mangrove ini begitu besar, dapat mengembalikan biota laut kita," kata Dandim 0317/Karimun Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa di pesisir Pantai Indah, Tanjung Melolo, Desa Pangke, Meral Barat.

Selain itu, kata Ketut, pohon bakau juga dapat mencegah terjadinya abrasi atau pengikisan pantai yang disebabkan terjangan ombak.

Ketut mengatakan, penanaman pohon itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Juang Kartika.

Penanaman pohon mangrove ini juga merupakan bentuk kegiatan dalam upaya mendekatkan diri dengan masyarakat.

Selain menanam pohon, untuk merayakan Hari Juang Kartika, pihaknya juga turut menggelar berbagai macam kegiatan seperti bakti sosial, donor darah, bakti sosial di tempat-tempat rumah ibadah, senam bersama, dan lain sebagainya.

"Agar masyarakat jangan sungkan lagi untuk menyampaikan pendapatnya kepada kami," katanya.

Ketut juga meminta agar masyarakat menjaga dan merawat pohon mangrove yang ditaman itu, karena masih berupa bibit dan membutuhkan waktu untuk dapat tumbuh dan menjadi tempat ikan bertelur dan mencari makan.

"Kami juga nantinya akan menjaga pohon ini. Kami minta bersama-sama masyarakat," katanya.

Di samping itu, dirinya berharap melalui penghijauan, masyarakat setempat dapat lebih terbuka dengan anggota TNI-Polri, karena pada dasarnya kuatnya TNI karena rakyatnya.

"TNI kuat bersama rakyat," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE