Siswa asal NTB akan kunjungi Pulau Penyengat

id siswa mengenal nusantara 2018,smn 2018,bumn hadir untuk negeri,pulau penyengat,siswa ntb

Siswa asal NTB akan kunjungi Pulau Penyengat

Program Siswa Mengenal Nusantara 2018 di Kepri diselenggarakan 3 BUMN. (Antaranews Kepri/Pradanna Putra)

sejarah Pulau Penyengat yang dikenal peneliti dunia layak diperkenalkan kepada siswa asal NTB, karena cikal bakal bahasa indonesia berasal dari pulau yang berada di depan Pelabuhan Sri Bintan Pura.
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Puluhan siswa asal Nusa Tenggara Barat yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara akan mengunjungi Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

General Manager PT Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan berdasarkan hasil rapat teknis dengan Lembaga Kantor Berita Nasional Antara dan PT Pengembangan Daerah Industri Batam, Siswa Mengenal Nusantara tidak hanya mendapat pengetahuan soal sejarah kejayaan Kerajaan Riau-Lingga di Pulau Penyengat, melainkan mendapatkan orang tua angkat.

"Kami berencana agar mereka dapat menginap semalam di Pulau Penyengat, dan mendapatkan orang tua angkat," katanya.

Kepala Biro LKBN Antara Kepri, Evy Ratnawati mengatakan sejarah Pulau Penyengat yang dikenal peneliti dunia layak diperkenalkan kepada siswa asal NTB, karena cikal bakal bahasa indonesia berasal dari pulau yang berada di depan Pelabuhan Sri Bintan Pura.

"Syair Gurindam 12 yang terkenal sebagai warisan budaya nasional layak dikenali dan dipelajari oleh peserta Siswa Mengenal Nusantara," ucapnya.

Sementara 24 pelajar asal Kepri yang terpilih mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara akan mendapat pembekalan dari panitia sebelum berangkat ke NTB. Mereka direncanakan dilepas oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di Gedung Daerah Tanjungpinang pada 9 Agustus 2018.

Penyelenggara kegiatan tersebut menginginkan masing-masing kabupaten dan kota mengirim siswa berprestasi, sehat jasmani dan rohani mengikuti program itu.

Tahun 2017, siswa asal Kepri yang mengikuti program itu meraih juara I dalam lomba menulis surat untuk Menteri BUMN.

"Kami berharap tahun ini, siswa asal Kepri kembali meraih juara I," kata I Wayan Wirawan.

Ia mengemukakan program Siswa Mengenal Nusantara dilaksanakan sejak tahun 2015. PT Pelindo sudah dua kali ditugaskan untuk menyelenggarakan kegiatan itu.

Tahun ini, PT Pelindo I Tanjungpinang bermitra dengan LKBN Antara dan Persero Batam. Dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut, panitia juga melibatkan Dinas Pendidikan Kepri dan Kodim. Dinas pendidikan bertugas menyeleksi dan menetapkan siswa yang layak mengikuti program tersebut. Sedangkan Kodim bertugas membina mental para siswa agar memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE